Pimpin Peringatan HBA Ke-59, Jaksa Agung Ingatkan Jajarannya 5 Perintah Harian

oleh -39 Dilihat

Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo pimpin upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-59 Tahun 2019 dengan Tema “Tingkatkan Pengabdian Demi Kemajuan Keunggulan Dan Keutuhan Negeri”, di Badan Diklat dan Latihan (Badiklat), Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Jaksa Agung dalam sambutannya mengingatkan 5 perintah harian kepada jajarannya, Pertama, tingkatkan profesionalitas, kemampuan perorangan dan kesatuan sebagai bekal mengantisipasi, menangani dan menuntaskan setiap masalah dan tugas yang akan dan sedang dihadapi.

Kedua, Pupuk semangat solidaritas, mampu bekerja sama, berkordinasi dan bersinergi, memegang teguh prinsip dan jati diri, agar tetap terjaga dan dijunjung tinggi.

Ketiga, tingkatkan keberanian dan kejujuran menyadari kekurangan dan kesalahan diri disertai kepekaan, cepat melakukan langkah perbaikan dan koreksi.

Keempat, kukuhkan jiwa korsa landasan utama kebersamaan Insan Adhyaksa yang saling mendukung, menjaga, mengingatkan dan menguatkan sebagai penopang eksistensi, kebanggaan, martabat dan harga diri profesi bagi tetap tegaknya institusi.

“Dan Kelima, persiapan diri untuk mengabdi dan bekerja sepenuh hati demi kemajuan, keunggulan dan keutuhan Negeri,” paparnya Jaksa Agung.

Lanjut Jaksa Agung, “marilah menjadikan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini sebagai moment untuk lebih menegaskan niat, mengukuhkan tekad dan semangat mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan di antara nilai keadilan, kebenaran dan kepastian melalui pelaksanaan penegakkan hukum yang menjadi kewenangan, tugas dan tanggung jawab kita. Agar tanpa kecuali dan tanpa perbedaan memberi manfaat dan dapat dirasakan oleh pencari keadilan dan oleh segenap lapisan masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya.

“Kepada segenap jajaran Kejaksaan perlu meneguhkan kembali komitmen untuk semakin meningkatkan pengabdiannya demi segera terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju, unggul, utuh, adil dan makmur, sebuah pernyatan senafas dengan semangat bangsa Indonesia yang sedang menyongsong perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan nya yang ke 74 di Tahun 2019 ini, melalui seruan dan ajakan untuk maju bersama ‘Menuju Indonesia Unggul’, ucapnya.

Jaksa Agung juga mengatakan, peringatan Hari Bhakti seperti ini, akan selalu mengingatkan dan menumbuhkan kembali kesadaran segenap Insan Adhyaksa pengakuan tentang masih banyaknya kekurangan yang harus diperbaiki, ditata, dibenahi, dan disempurnakan, bersamaan upaya menyelaraskan orientasi pemikiran dan cara kerja sebagai sebuah kehendak untuk berubah, melakukan pembaharuan dan penyesuaian berkenaan dinamika perkembangan berbagai aspek kehidupan seiring semakin besarnya ekspektasi, harapan dan tuntutan masyarakat atas dipenuhinya hak mereka untuk memperoleh keadilan.

“Kewajiban serta tanggung jawab selaku institusi penegak hukum yang pada sisi lain harus pula berperan aktif mendukung, menjaga, dan mengawal keberhasilan semua program kerja pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa,” katanya.

Turut hadir dalam upacara, Para Menteri, Ketua KPK, Wakapolri, Kepala BIN, perwakilan Negara sahabat, serta para mantan Jaksa Agung, juga para tamu undangan lainnya.(Her)