Antisipasi Bencana Banjir, Personil Polsek Telagasari Tinjau Debit Air Sungai Bulan-Bulan

oleh -157 Dilihat

Karawang – Curah hujan cukup tinggi yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Karawang mendapat perhatian jajaran Kepolisian Resor (Polres) Karawang, terutama wilayah yang dilintasi aliran Sungai dan menjadi langganan Banjir.

Di Kecamatan Telagasari terdapat 2 Desa yang wilayahnya dilintasi Sungai Bulan-Bulan, yakni Desa Ciwulan dan Desa Kalisari. Dimana apabila curah hujan cukup tinggi, kedua Desa yang sebagian besar wilayahnya merupakan area pesawahan sering dilanda Banjir.

Untuk mengantisipasi bencana Banjir di lingkup wilayah tugasnya, Kapolsek Telagasari Polres Karawang AKP Kumisih, S.Sos. memerintahkan personilnya untuk selalu melakukan pengecekan debit air Sungai Bulan Bulan yang melintasi kedua wilayah Desa tersebut.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk persiapan dan tindakan apa yang diperlukan ketika terjadi bencana Banjir.

“Sebagai bahan laporan dan informasi kepada pimpinan untuk antisipasi bencana banjir,” ujar Kanit Reskrim IPDA Budi Santoso kepada Wartawan, ketika sedang meninjau debit air di Kp. Poponcol Desa Ciwulan, Senin (29/11/2021).

Dari pantauan media, di Kp. Poponcol Desa Ciwulan terdapat sekitar 5 hektar area pesawahan yang terendam air, sementara untuk wilayah Desa Kalisari air yang merendam area pesawahan lebih luas.

Sanim (34), salah seorang warga Kp. Tanjung Utara menuturkan bahwa sebelum adanya normalisasi, ketinggian air akibat meluapnya Sungai Bulan Bulan bisa mencapai 1 meter di atas permukaan tanah, air merendam rumah warga hingga sebatas Paha kaki orang dewasa.

“Alhamdulillah setelah Sungai dikeruk, ketinggian air yang masuk ke dalam rumah sebatas mata kaki”, ujarnya.

Sementara Kanit Intelkam Polsek Telagasari AIPDA Raswan yang melakukan peninjauan di Desa Kalisari melalui sambungan telepon menyampaikan, terdapat 75 rumah dari 3 RT yang terendam air, dengan ketinggian air sekitar 15 cm dari permukaan tanah. Sedangkan area Pesawahan siap panen yang terandam air sebanyak lebih kurang 50 hektar.

(Marlina)