Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadahan, Bupati Karawang Sidang Ke Pasar

oleh -45 Dilihat

Karawang – Jelang datangnya bulan puasa, Bupati dr Hj Cellica Nurrachadiana didampingi Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Baru Johar, Selasa (21/3/2022).

Kedatangan Bupati ke pasar itu untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang bulan Ramadhan. “Pertama kami ingin memastikan tidak ada kelangkaan bahan sembako. Kedua, kami ingin memastikan harga-harga kebutuhan jelang puasa tetap aman dan terkendali,” tandas bupati.

Menurut Bupati, beberapa komoditas memang mengalami kenaikan harga. Diantaranya cabe merah, cabai rawit dan kemiri. Namun kenaikannya masih diambang batas wajar.

Sedangkan untuk bahan lain, harganya tetap stabil dan wajar. “Untuk beras premium harganya Rp 12 ribu perkilo, beras medium Rp 11 ribu perkilo, minyak curah Rp 15 ribu perkilo dan daging ayam berkisar Rp 35-37 ribu perkilogram. Semuanya masih bisa kita jaga,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa Tim Pengendali Inflasi Daerah (TIPD) terus bekerja mengawasi dan mengevaluasi pergerakan harga.

Bahkan jika diperlukan, Pemerintah Daerah bisa juga memberikan stimulus untuk mengintervensi harga agar tidak semakin liar.

“Contohnya dengan operasi pasar dan bazzar pasar murah. Itu lumayan efektif menekan harga agar tidak melompat. Rencana di bulan Ramadan, kami memiliki setidaknya 10 titik bazzar pasar murah selama Ramadhan agar warga bisa mendapatkan bahan sembako dengan harga wajar,” tutupnya.

(And)