Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Begini Amanat Presiden Yang Disampaikan Bupati Karawang

oleh -52 Dilihat

Karawang – Bupati Kabupaten Karawang dr. Cellica Nurrachadiana memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, yang diselenggarakan di Halaman Plaza Pemkab Karawang, Kamis (1/6/2023). Dikuti oleh ASN, Satpol PP, TNI, Polri, Dishub, Damkar, Ormas, Wartawan, Mahasiswa dan Pelajar.

Turut hadir, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Dandim 0604 Karawang, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Ketua DPRD Karawang, Ketua Pengadilan Negeri Karawang, Sekretaris Daerah Karawang, dan para Kepala OPD.

Amanat Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo yang dibacakan langsung oleh Bupati Karawang mengatakan, bahwa peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila ini diselenggarakan untuk menanamkan, menegakkan, dan menjaga pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya di segala sendi kehidupan sehari-hari.

“Kemudian, untuk menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap Bupati.

“Gelorakan terus semangat pancasila dari sabang sampai merauke, berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban Indonesia kedepan menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya pancasila,” tambahnya.

“Karena pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” tuturnya.

Sesuai amanat Presiden, Bupati juga menekankan agar ASN, TNI dan POLRI, untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan setia menjaga netralitas menjelang tahapan pemilihan umum serentak pada tahun mendatang.

“Jadilah perekat dan pemersatu Bangsa dengan upaya nyata dan menonjolkan persamaan. Jaga terus sinergitas antara Pemerintah Daerah, Polri, TNI, serta lembaga lainnya untuk kondusifkan karawang,” ucap Bupati.

(Marlina)