Minggu , Oktober 17 2021

27 Orang Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Tanjabbar Ikuti Uji Kompetensi JPT, Ini Arahan Bupati Anwar Sadat

Kuala Tungkal – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) akan melaksanakan uji kompetensi Jabatan Tinggi Pratama (JPT). Pelaksanaan kegiatan akan diikuti oleh sebanyak 27 orang Pejabat Tinggi Pratama, dimulai dari tanggal 8 – 10 september 2021.

Dalam arahannya kepada peserta assesi, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M. Ag, menyampaikan, bahwa berbagai strategi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) telah diterapkan di berbagai organisasi Pemerintah. Salah satunya dengan menerapkan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis kompetensi.

“Profesionalisme dan kompetensi ASN harus terus ditingkatkan, agar efektifitas pelaksanaan tugas-tugas Pemerintah dalam pembangunan semakin baik dan meningkat,” pungkas Bupati.

Bupati menjelaskan, dalam menghadapi tantangan globalisasi yang diwarnai tingkat persaingan yang ketat, maka Pemerintah Daerah dituntut untuk menyiapkan SDM yang berkualitas, yang memiliki keunggulan kompetitif agar mampu mengatasi segala perubahan yang mungkin terjadi. Terkait hal tersebut, para pejabat tinggi pratama tentunya harus memiliki penguasaan pengetahuan, gagasan mutakhir yang terbaik dan mampu bekerja dengan standar tinggi.

“Melalui proses penilaian kompetensi ini, kedepannya pengelolaan SDM aparatur di lingkungan Pemkab Tanjabbar diharapkan akan semakin baik. Sebab dengan kompetensi dan profesionalisme yang mereka miliki, tentunya aparatur akan mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” terangnya.

Menurut Bupati, dalam rangka pelaksanaan sistem merit secara efektif sesuai amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, perlu dilakukan identifikasi profil pegawai yang meliputi potensi dan kompetensi pegawai sebagai dasar penempatan pegawai dalam jabatan, penyusunan rencana pengembangan karir dan kompetensi pegawai.

“Untuk itu, agar identifikasi dimaksud dapat berjalan dengan baik, perlu dilakukan penilaian potensi dan kompetensi pegawai yang dilakukan melalui uji kompetensi,” ucapnya.

Bupati juga berharap, pelaksanaan uji kompetensi ini akan menghasilkan output berupa tersusunnya profil pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat.

Bupati juga mengingatkan, agar seluruh peserta assesi bersungguh-sungguh mengikuti uji kompetensi, dan hasil assesment kiranya dapat menempatkan pejabat tinggi pratama yang tepat sesuai kompetensinya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia seleksi JPT yang akan melaksanakan kegiatan uji kompetensi yang insya allah akan dimulai besok. Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bukan hanya bagi aparatur secara pribadi tapi juga bagi pemerintah dan seluruh masyarakat Tanjung Jabung Barat,” tutupnya.

Selain 27 orang Pejabat Tinggi Pratama yang akan mengikuti uji kompetensi, turut hadir Panitia Seleksi Jabatan Tinggi Pratama yang terdiri dari Sekda Tanjabbar Haji Agus Sanusi, Prof. Dr. H. Ahmad Syukri, MA, Dr. Arfa’i, SH, M. Hum, Fahmi, S.Ag, M.Si dan Saefuddin, SH.(yn)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates