Minggu , Oktober 17 2021

Agar Vaksinasi Terlaksana Pada Tiap Sekolah, Disdikpora Karawang Mulai Lakukan Persiapan

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karawang Asep Junaedi

Karawang – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang menyatakan syarat utama dalam menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bukan vaksin peserta didik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disdikpora Karawang Asep Junaedi, saat dimintai keterangan melalui telepon seluler, Jumat (29/8/2021). Seperti dilansir akun resmi FB Diskominfo Karawang.

Menurutnya, syarat penyelenggaraan PTM yakni Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dikeluarkan oleh 4 menteri diantaranya Kemenkes, Kemendagri, Kemenag, dan Kemendikbud.

“Kalau kita lihat dari Surat keputusan bersama dari 4 kementerian itu kan tidak ada syarat yang mewajibkan bahwa peserta didik agar di Vaksin” jelasnya.

Bahkan, dijelaskan Asep Junaedi, edaran yang terbaru berdasarkan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 35 tahun 2021 mengenai syarat penyelenggaraan PTM pada setiap sekolah.

“Yang wajib itu dalam penyelenggaraan PTM hanyalah pendidik dan tenaga kependidikan, di Karawang sendiri secara keseluruhan sudah dilakukan vaksinasi” ujarnya.

Meski begitu, dirinya, saat ini sedang mempersiapkan agar pelaksanaan vaksinasi peserta didik untuk usia 12-17 tahun akan digelar pada setiap sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Sebelumnya, sejak 6 Juli 2021 lalu vaksinasi terhadap peserta didik sudah berjalan, namun kata Asep Junaedi, hanya baru mencapai 6.000 siswa.

“Kita tinggal nunggu ketersediaan vaksinasinya, dan kesiapan jumlah SDM dari tenaga kesehatan apakah akan bersedia untuk melakukan vaksinasi ke setiap sekolah untuk mendorong percepatan program vaksinasi agar dapat tercapai targetnya” ujarnya.

Tentu program vaksinasi pada setiap sekolah untuk mendorong percepatan penanganan Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun agar dapat terciptanya kekebalan tubuh dan mengantisipasi klaster Covid-19 pada sektor pendidikan.

“Kan repot juga nanti kalau dalam penyelenggaraan PTM ini malah menimbulkan klaster pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, bagi setiap sekolah yang sudah siap menyelenggarakan PTM bisa melakukan pengisian kelengkapan fasilitas kesehatan di Dapodik.

(And)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates