Antisipasi Bencana Tak Terduga, Sat Brimob Polda Jabar Gelar Giat Siaga Bencana

oleh -32 Dilihat

Jawa Barat – Sebanyak 1 SSR anggota kompi 3 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar menggelar kegiatan siaga bencana, di posko Search And Rescue (SAR) Mako Batalyon B Pelopor Cipanas, Jum’at (7/8/2020).

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K, menyampaikan, unit SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar disiagakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana yang tidak terduga baik berupa banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya yang kemungkinan terjadi di wilayah Jawa Barat.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di Wilayah Cianjur dan sekitarnya, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Sat Brimob Polda Jabar dengan masyarakat. Dan tentu kegiatan ini bertujuan agar anggota Brimob Polda Jabar selalu siap dalam membantu masyarakat bila dibutuhkan kapanpun dan dimanapun,″ pungkasnya.

Diwilayah Polda Jabar khususnya di daerah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor akhir-akhir ini sering menghadapi curah hujan yang tidak menentu. Kadang sedang, kadang juga cukup tinggi hujan yang mengguyur di beberapa Kabupaten dan Kota tersebut.

Mengingat daerah Zona Back Up Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar ada di daerah pegunungan yang banyak pohon-pohon besar dan tebing-tebing curam, dikhawatirkan dampak hujan dengan intensitas tinggi akan memicu terjadinya tanah longsor, pohon tumbang dan banjir.

Mencermati kondisi diatas, oleh karna itu tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan siaga SAR untuk menghadapi bencana dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana anggota sudah siap di gerakan dengan cepat.

Diharapkan, dengan adanya Regu Siaga SAR ini masyarakat menjadi paham maksud dan tujuan Anggota Brimob Polda Jabar, tentu selain menjadi Regu Tanggap Bencana, Regu SAR Brimob juga bisa membantu masyarakat dalam semua bidang yang dibutuhkan.(Moh. Asep)