Kamis , Desember 9 2021

Buka Rapat Forum Koordinasi Pengelolaan DAS, Bupati Anwar Sadat Minta Pada Anggota Forum Untuk Mewujudkan Kelestarian Dan Keasrian Ekosistem DAS

Kuala Tungkal – Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag menghadiri sekaligus membuka rapat forum koordinasi pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), bertempat di kantor Bappeda Tanjabbar, Kamis (28/10/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menghimbau, kepada anggota forum terutama yang berasal dari unsur dunia usaha atau perusahaan untuk dapat mewujudkan kelestarian dan keasrian ekosistem DAS, sehingga meningkatkan kemanfaatan sumberdaya alam bagi manusia secara berkelanjutan, khususnya di Tanjung Jabung Barat.

“Saya menghimbau, khususnya anggota Forum DAS Kabupaten yang berasal dari unsur dunia usaha atau perusahaan, supaya ikut berkontribusi nyata dalam pengelolaan DAS pengabuan-Betara, seperti melaksanakan penghijauan di sekitar sungai, pemberian bibit dan penanaman bibit melalaui kegiatan CSR perusahaan,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, pelaku dunia usaha yang memanfaatkan secara langsung DAS Pengabuan-Betara diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga pengelolaan DAS tersebut, selain itu juga aktif dalam memberikan saran, informasi dan data yang dapat digunakan dalam pengelolaan daerah aliran sungai, khususnya daerah aliran sungai Pengabuan-Betara.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tanjung Jabung Barat, Firdaus Khatab menyampaikan, bahwa di tingkat OPD telah melakukan koordinasi lintas OPD terkait kegiatan di lingkungan OPD yang harus memperhatikan lingkungan terutama Daerah Aliran Sungai.

“Kami berharap melalui rapat koordinasi ini semua unsur yang tergabung dalam Forum DAS dapat berpatisipasi sehingga forum ini berjalan dengan semesti bukan hanya sebagai simbolis saja,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPDAS Provinsi Jambi, Ir. H. Tagor Mulia Nasution MM, mengatakan, bahwa pengelolaan DAS tidak bisa hanya dilakukan oleh BPDAS Provinsi Jambi. Namun, perlu adanya kontribusi Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melestarikan DAS yang ada di daerahnya masing-masing. Selain itu, ia juga berharap, Forum DAS Kabupaten bisa membuat program yang real yang bisa dilaksanakan.

“Saya berharap di Tanjung Jabung Barat, Forum DAS bisa menginisiasi pembentukan komunitas ini, tentu ini di bantu oleh KPHP, intinya yang bergerak di bidang ini adalah KPHP di bantu oleh Forum DAS,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sekretaris Daerah/selaku Ketua Forum DAS Kabupaten, Kepala BPDAS Provinsi Jambi, Kepala OPD lingkup Tanjung Jabung Barat, dan undangan lainnya. (yn)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates