Minggu , Oktober 17 2021

Bupati Anwar Sadat Berharap Program TJSLP Memberi Dampak Signifikan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Kuala Tungkal – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat M, Ag, menghadiri silaturahmi dan rapat kerja dengan forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP), bertempat di rumah dinas Bupati, Selasa (21/9/2021).

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Tanjabbar Ir. Firdaus Khatab, MM. mengungkapkan, pada kesempatan ini mengundang lebih dari 60 perusahaan dari 57 perusahaan anggota Forum TJSLP Tanjab Barat. “Diundang lebih karena ada perusahaan baru yang belum tergabung dengan harapan bisa bergabung dengan Forum TJSLP Tanjab Barat,” terangnya.

Menurutnya, pandemi berdampak pada berbagai bidang, sehingga silaturahmi dan kegiatan ini terundur sekian bulan dari seharusnya bulan april. “Seharusnya Forum TJSLP harus menyelenggarakan rapat setidaknya 2 kali setahun. Pertemuan pertama untuk evaluasi program tahun sebelumnya, dan pertemuan kedua untuk usulan program tahun berikutnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, anggota Forum TJSLP Tanjab Barat berjumlah 57 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari SDA, Perkebunan, Hasil Kelapa, Hasil Pinang, Perbankan dan BUMN yang harus menyelenggarakan tanggung jawab sosial.

“Realisasi hingga Agustus 2021 adalah 8,6 Miliar pada bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial budaya dan lingkungan,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat M, Ag, mengatakan, dilihat dari realisasi 2020 ada penurunan dalam CSR perusahaan. Berdasarkan Perda, perusahaan harus menyelaraskan dengan program Pemerintah, agar bisa diukur pertanggungjawaban sosial yang dilakukan perusahaan.

“Karenanya kami sangat berharap lewat forum ini bisa bersinergi dan menyelaraskan program dengan Pemkab (Pemerintah Kabupaten),” harap Bupati.

“Kami ingin ada komunikasi yang baik dengan perusahaan, sehingga jika ada permasalahan bisa dicari solusi bersama. Ada rasa kebersamaan dengan Pemerintah, menghilangkan sekat-sekat yang ada,” tegasnya.

Bupati juga berharap, perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas program TJSLP, agar memberi dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

“Saya berharap kalangan dunia usaha dapat menjadikan program CSR sebagai salah satu bentuk investasi bagi perusahaan, demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan dan bukan menganggapnya sebagai komponen biaya semata melainkan sarana meraih keuntungan. Jadikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas LH, Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Parpora, Kepala Dinas Koperindag, dan Pimpinan Perusahan yang tergabung dalam Forum TJSLP Tanjab Barat.(yn)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates