Bupati Anwar Sadat Buka Kegiatan Pembinaan Qori-Qoriah Tanjung Jabung Barat Tahap Kedua

oleh -38 Dilihat

Kuala Tungkal – Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag membuka kegiatan pembinaan Qori-Qoriah tahap kedua kafilah MTQ Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dalam rangka keikutsertaan MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021, bertempat di Hotel Ar-riyadh, Kuala Tungkal, Sabtu (29/5/2021).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini penting dalam menentukan peserta yang nantinya mewakili Tanjung Jabung Barat. Sehingga, Bupati berharap agar para Qori-Qoriah dapat maksimal dalam menampilkan potensi dan kemampuannya.

“Pembinaan tahap terakhir ini diharapkan para Qori-Qoriah dapat memanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi dan kemampuan, sehingga nantinya dapat terpilih untuk mewakili Kafilah Tanjung Jabung Barat dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jambi,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada dewan pembina dan para pelatih, atas upayanya dalam mempersiapkan Kafilah Tanjung Jabung Barat yang berpartisipasi pada gelaran MTQ tingkat Provinsi Jambi.

Terkait penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang nantinya akan dilaksanakan di Tanjung Jabung Barat, Bupati mengaku telah melakukan berbagai persiapan. Selaku ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, menurutnya Tim Gugus Tugas terus berupaya dalam menekan angka kasus Covid-19 di Tanjung Jabung Barat, sehingga nantinya tidak menjadi halangan dalam penyelenggaraan MTQ.

Sebelumnya, Kabag Kesra, Hidayat, selaku ketua Panitia kegiatan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pembinaan diselenggarakan untuk mengoptimalkan potensi dan kemampuan Qori-Qoriah Tanjung Jabung Barat, sekaligus sebagai ajang seleksi terakhir untuk didaftarkan sebagai peserta masing-masing cabang musabaqoh Kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Insya Allah pendaftarannya dimulai tanggal 7 sampai dengan 11 Juni 2021 di Provinsi Jambi,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan pembinaan ini diikuti oleh 74 peserta Qori-Qoriah yang diseleksi dan dipersiapkan untuk perhelatan MTQ tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendatang. “Setidaknya, 11 orang pelatih dari Provinsi dan 15 orang pelatih dari Kabupaten diundang untuk memberikan pengarahan kepada Qori-Qoriah di 9 cabang lomba, meliputi Tilawah golongan tartil, berjanzi marhaba, Khatil Qur’an, Fahmil Qur’an, Tahfiz, MMQ, Hafalan Hadist, serta Mufassir bahasa arab, bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris,” ungkapnya.(yn)