Bupati Anwar Sadat Hadiri Rembuk Stunting Tahun 2021

oleh -50 Dilihat

Kuala Tungkal – Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag menghadiri Rembuk Stunting Tahun 2021, dalam rangka aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, bertempat di Lantai III Aula Kantor Bapedda, Rabu (14/4/2021).

Rembuk Stunting dihadiri oleh unsur Forkopimda, Plt Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, para Camat, Seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Ketua Dharmawanita, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Dr. Hj. Andi Pada, M.Kes mengatakan, pencegahan Stunting ini sudah dilaksanakan mulai tahun 2020, dan sudah menetapkan 10 Desa Lokus Stunting dan 15 Desa di tahun 2021.

“Ini kerja sama lintas sektor, kegiatan ini tidak akan bisa selesai jika hanya dinas kesehatan saja karena stunting penyebabnya Lintas Sektor, tentu harapan kita Integrasi kegiatan program di seluruh sektor bisa menjadi hal yang sangat penting dalam rangka pencegahan stunting,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Anwar Sadat mengatakan, salah satu ciri bangsa maju adalah bangsa yang memiliki tingkat kesehatan, kecerdasan dan Produktivitas Kerja yang tinggi. Sebagaimana yang menjadi visi Berkah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Menurut Bupati, berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) Kabupaten Tanjung Jabung Barat angka kejadian masalah Gizi masih tinggi dan cendrung meningkat.

“Upaya intervensi yang dilakukan oleh seluruh sektor diharapkan berpengaruh terhadap penurunan prevalensi Stunting, seperti akses menuju fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), ketersediaan sanitasi dan air bersih, pendidikan anak usia dini dan parenting, ketersediaan pangan, oerlindungan sosial serta keluarga berencana,” terang Bupati.

Bupati mengungkapkan, rembuk Stunting ini adalah upaya strategis yang dilakukan terutama pada kantong-kantong stunting yang cukup tinggi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Mudah-mudahan seluruh stakeholder dapat bersinergi untuk dapat melakukan upaya yang sangat serius dalam rangka menuntaskan Stunting yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” harapnya.(yn)