Bupati Bangka Buka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Tahun 2022

oleh -100 Dilihat

Sungailiat – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa pada Kabupaten Bangka, bertempat di Resort Tanjung Pesona Sungailiat, Kamis (19/5/2022).

Workshop dibuka oleh Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H. dan di hadiri langsung oleh kepala perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Faeshol Cahyo Nugroho, dengan tema “Pengelolaan Dana Desa Yang Cepat, Tepat dan Terpadu Sebagai Upaya Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19”.

Kegiatan ini, sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar penyaluran Dana Desa benar-benar efektif dan berdampak signifikan pada Desa, terutama dalam percepatan ekonomi produktif, menggerakkan industri di pedesaan, dan mengurangi kemiskinan Desa, serta mengawasi pengaruh wabah Covid-19.

Tujuan dilaksanakannya Workshop adalah, untuk meningkatkan kapasitas pegawai Pemerintah Daerah, Kecamatan dan khususnya perangkat Desa, dalam mengelolah Dana Desa (DD) sesuai yang diprioritaskan Pemerintah yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT), ketahanan pangan dan Earmarking untuk penanganan Covid-19 di Desa.

Selain itu, untuk mendorong agar pengelolaan dana desa lebih transparan dan akuntabel, serta memperoleh informasi mengenai pengelolaan dana desa dan pemanfaatan hasil pembangunan Desa, baik pada tingkat Kabupaten maupun Desa.

Kegiatan diisi oleh narasumber Ir. Darmansyah Husein yang juga merupakan anggota Komite IV DPD RI, Drs. H. Lutfhy Latief M.si selaku Direktur fasilitasi pemanfaatan dana desa dan perdesaan pada Kementrian Desa, Dr. Edih Mulyadi SE, M.si selaku kepala kantor wilayah Ditjen perbendaharaan Bangka Belitung, dan Faeshol Cahyo Nugroho, Ak. M.EcDev selaku kepala perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung, serta dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka.

Peserta yang mengikuti workshop adalah, Inspektur, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala bagian tata Pemerintahan, para Camat, para Kepala Desa, dan para perangkat Desa se-Kabupaten Bangka.(*)