Bupati Bangka Resmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah

oleh -91 Dilihat

Sungailiat – Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H meresmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bangka, di Puskesmas Sinar Baru, Sungailiat, Selasa (31/1/2023).

Pembangunan sarana labkesda menelan biaya Rp.4,7 milyar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik reguler bidang kesehatan Tahun 2022, dan dana DID Tahun 2021.

“Terimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bangka dalam membangun kelengkapan sarana dan prasarana kesehatan,” ucap Bupati mengawali sambutannya.

“Nanti peralatan-peralatan di Labkesda ini akan kita anggarkan melalui APBD, dan tentu juga kami mohon dukungan juga dari Pemerintah Provinsi dan Pusat,” tambahnya.

“Kami Pemkab Bangka sejak awal memang sangat memberi perhatian kepada kelengkapan sarana prasarana kesehatan, mulai pustu, puskesmas hingga rumah sakit. Karena sebaik dan secerdas apapun dokter dan nakes kita tanpa ada penunjang fasilitas kesehatan yang baik, maka akan sulit meningkatkan pelayanan kesehatan,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola Kementerian Kesehatan RI, Mayangsari, memberikan apresiasi bagi Kabupaten Bangka dalam upaya pembangunan kesehatan. Dan Kemenkes disebutnya akan mendukung penuh setiap kegiatan pembangunan yang mengarah pada peningkatan layanan kesehatan masyarakat.

“Labkesda ini juga menjadi bukti kehadiran kami dari Pemerintah Pusat, memberikan dana melalui DAK fisik, kita membangun fasilitas-fasilitas kesehatan. Tapi untuk kelengkapan peralatan penunjang di dalam, kami harapkan dari pemerintah daerah bisa menganggarkan,” ucapnya.

Selain Labkesda, Bupati Bangka sekaligus meresmikan gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yang baru selesai pembangunannya, dan juga fasilitas pelayanan kesehatan lain seperti gedung Poned Puskesmas Belinyu, Petaling, Penagan dan Bakam.

Dalam acara tersebut turut hadir Forkopimda Kabupaten Bangka yakni Kajari, Kapolres, dan Ketua Pengadilan Agama, Anggota DPRD Bangka Firdaus Djohan, Kepala LPP RRI Sungailiat, kepala OPD kabupaten Bangka dan undangan lainnya.(red/ry)