Bupati Dan Wakil Bupati Karawang Tinjau Layanan Publik Di Hari Pertama Usai Libur Lebaran

oleh -35 Dilihat

Karawang – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrchadianna dan Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh meninjau pelayanan publik di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guna memastikan masyarakat terlayani dengan baik pada hari pertama kerja usai libur lebaran.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, pada Rabu (26/4/2022), sebanyak 98,6 persen seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) hadir bekerja pasca libur lebaran. Hanya 1 persen yang cuti, dan 0,4 persen izin sakit.

“Saya memang memerintahkan agar khusus dinas-dinas pelayanan seperti DPMPTSP, Disdukcapil, Dinkes. Perangkatnya Bapenda, DInkopUMKM, DPUPR, DPRKP. RSUD, RSKP dan Kecamatan-Kecamatan untuk kembali fokus melayani masyarakat,” kata Bupati saat mengecek situasi pelayanan e-KTP dan dokumen kependudukan lain di Kantor Disdukcapil.

Sementara itu, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh dan jajarannya mengunjungi dua tempat yakni, RSUD Karawang dan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Mal Technomart.

Bersama dengan Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang Aang Rahmatuallah, Wabup Aep mengatakan, kunjungannya ke RSUD Karawang, yang disambut Plt Dirut RSUD Karawang dr. Fitra Hergyana yakni bertujuan untuk memastikan pelayanan dari Pemerintah (Pemkab) Karawang berjalan baik dan lancar.

Menurutnya, pelayanan dasar kepada masyarakat adalah prioritas utama bagi pemerintah Kabupaten Karawang. Oleh sebab itu, ia memantau langsung ke dua lokasi pelayanan tersebut.

“Kami berharap tentunya tak hanya pada aspek pelayanan kesehatan saja, namun pada semua lini pelayanan dasar masyarakat harus jadi prioritas, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sampai ke MPP,” ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Wakil Bupati juga memastikan para pegawai ASN siap memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti semula.

“Dari Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAP), laporannya menunjukan 98,6 persen alias hampir seluruh ASN hadir bekerja pasca libur lebaran. Hanya 1 persen yang cuti, dan 0,4 persen berhalangan hadir karena sakit,” ujarnya.

Menyikapi kelonggaran cuti bagi ASN, Pemkab Karawang melalui Wabup Aep mengatakan, pihaknya akan tetap menempuh sesuai dengan arahan administrasi yang berlaku.

Di tempat yang sama, Plt Dirut RSUD Karawang dr. Fitra Hergyana menuturkan, pelayanan RSUD Karawang berjalan seperti sebelumnya dengan petugas serta para tenaga kesehatan seperti biasanya.

“Alhamdulillah kehadiran dokter dan maupun perawat RSUD Karawang cukup maksimal. Hampir semuanya hadir. Karena memang Rumah Sakit adalah pelayanan yang sangat mendasar dan sangat prioritas bagi masyarakat di bidang kesehatan,” ungkapnya.

(And)