Bupati Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas Tingkat Kabupaten Karawang

oleh -237 Dilihat

Karawang – Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana memimpin Upacara puncak Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke 111 Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2019, di Plaza Pemda Karawang, Senin (20/5/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut : Unsur Forkopimda, Pejabat Pemkab setingkat Eselon II dan III lingkup Pemkab Karawang, serta undangan lainnya, sedangkan peserta upacara terdiri dari jajaran Aparatur Sipil Negara ( ASN), Pelajar, TNI, dan Kepolisian.

Bupati Karawang yang bertindak sebagai pembina Upacara dalam sambutannya mengatakan, dalam naskah sumpah palapa yang ditemukan pada kitab pararaton tertulis “sira gajah madapatih amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira gajah mada: “lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, tañjung pura, ring haru, ring pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samana isun amukti palapa”. Ucap Bupati membaca salinan sambutan Menkominfo RI.

Dikatakannya, “Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” terangnya.

Sambungnya, “telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini,” paparnya.

Dengan semua harapan tersebut, tambah Bupati, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. “Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” katanya. (Advertorial)