DPRD Kabupaten Bangka Gelar Rapar Paripurna Pengesahan Rancangan Perubahan APBD 2022 Dan Penyampaian Rancangan APBD 2023

oleh -37 Dilihat

Sungailiat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka menggelar Rapat Paripurna Pengesahan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Bangka Tahun Anggaran 2022 dan penyampaian nota keuangan rancangan APBD TA.2023, bertempat di ruang paripurna DPRD, Senin (12/9/2022).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Iskandar, S.IP, didampingi Wakil Ketua I Mendra Kurniawan, Wakil Ketua II Rendra Basri, B.Sc., dan dihadiri Bupati Bangka Mulkan S.H., M.H., para Anggota DPRD, Forkopimda, Kepala OPD, Lurah, Camat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar SIP menyampaikan, pengesahan rancangan perubahan APBD Kabupaten Bangka Tahun anggaran 2022, yang disampaikan Bupati Bangka melalui rapat paripurna pada tanggal 5 Agustus 2022 yang lalu, terhadap rancangan perubahan APBD Kabupaten Bangka Tahun Anggaran 2022 tersebut telah dilakukan pembahasan secara bersama antara badan anggaran dengan tim anggaran Pemerintah Kabupaten Bangka sehingga mencapai kesepakatan untuk dapat diparipurnakan.

Ia menjelaskan, sesuai ketentuan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, perubahan APBD perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, dan antar jenis belanja.

Oleh sebab itu, menurutnya, perubahan APBD tahun anggaran 2022 ini diharapkan dapat mengakomodir anggaran dalam melaksanakan program kegiatan di seluruh stakeholders pemerintah Kabupaten Bangka sesuai dengan target kinerja yang sudah direncanakan.

Berikutnya adalah penyampaian nota keuangan dan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten bangka tahun anggaran 2023. Yang merupakan tindak lanjut dari paripurna penandatangan nota kesepakatan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Bangka tahun anggaran 2023, pada tanggal 13 agustus 2022 yang lalu.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H mengatakan, merujuk pada pidato kenegaraan Presiden pada saat penyampaian nota keuangan APBN tahun 2023 pada tanggal 16 Agustus 2022 yang lalu, mengindikasikan bahwa prospek tahun 2023 masih menunjukkan sinyalemen “ketidakpastian” dalam konteks fiskal. tngginya resiko ketidakpastian dan peningkatan resiko “stagflasi” secara global masih akan menjadi faktor yang harus diantisipasi di Tahun 2023.(HR)