DPRD Kabupaten Bangka Gelar Rapat Paripurna Isimewa HUT Kota Sungailiat Ke-256 Tahun

oleh -64 Dilihat

Sungailiat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka mengelar rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sungailiat yang ke-256, Rabu (27/4/2022).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar, Sip., dan dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Drs. Abdul Fatah, Ketua DPRD Provinsi Bangka belitung Herman Suhadi, S.sos, Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H., Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka Mendra Kurniawan, Wakil Ketua II DPRD Rendra Basri, Bsc., para kepala OPD Kabupaten Bangka, Forkopimda dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar mengatakan, dalam kutun waktu 256 tahun berdirinya Kota Sungailiat bukannya waktu yang singkat untuk di lalui. “Dengan bertambanya usia tersebut, mengisyaratkan bahwa kota yang kita cintai ini sudah cukup tua dan telah banyak mengalami kemajuan,” ucapnya.

“Kiranya seluru komponen penyelenggara pemerintah dan masyarakat menjadikan HUT Kota Sungailiat ini sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri, serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kota Sungailiat,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Drs, Abdul Fatah menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi Kota Sungailiat yang ke 256 tahun. “Sungailiat adalah kota Berteman (Bersih, Tertib, Dan Aman) sudah hadir sejak tanggal 27 April 1766 sampai dengan hari ini,” pungkasnya.

Menurutnya, pada tanggal 13 mei 1994 Kota Sungailiat didaulat sebagai Ibu Kota Kabupaten Bangka yang dianugerahi dengan hamparan pantai yang terbentang luas, dan berhamburnya penghargaan Adi Pura yang dianugerahkan sebanyak depalan kali berturut.

“Pertama kali diraih pada tahun 1997 dan terakhir tahun 2013, dan meraih predikat terbaik se-Provinsi Bangka Belitung dalam perencanaan pembangunan daerah dan tak lupa saya sampaikan selamat Hari Jadi Kota Sungailiat ke-256,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H., mengatakan, peringatan ke-256 Tahun Kota Sungailiat harus dimaknai sebagai wadah mengingatkan kembali betapa pentingnya menjaga antara keseimbangan manusia dan sosial, serta lingkungannya dengan memanfaatkan daya pikir yang lebih maju sesuai tema hari jadi Kota Sungailiat tahun ini, yakni “Dengan HUT Kota Sungailiat ke-256 Tahun mari kita tingkatkan sinergitas pemulihan ekonomi untuk mewujudkan Bangka yang nyaman bersama”.

Mulkan menjelaskan, meski terdampak pandemi Covid-19, ekonomi kreatif dan UMKM di Kota Sungailiat harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan peluang yang ada.sehingga tetap dapat tumbuh dan bertahan dengan senergitas bersama semua pihak untuk pemulihan ekonomi dalam mewujudkan Bangka yang nyaman bersama.

“Semoga apa yang telah diraih Kota Sungailiat dan Kabupaten Bangka dalam masa kepemimpinan saya bersama bapak Syahbudin yang sudah berjalan selama tiga tahun lebih, dan kerja sama dengan ssema forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Bangka, Organisasi perangkat daerah dan elemen masyarakat lainnya yang menjadi lebih baik lagi, sehingga Kota Sungailiat sebagai Ibu Kota Kabupaten Bangka dapat bersaing dan menjadi kebanggaan kita bersama,” paparnya.

Mulkan secara khusus mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Kota Sungailiat dan Kabupaten Bangka tercinta ini, serta seluruh warga Kota Sungailiat yang telah mewarnai perubahan Kota Sungailiat yang semakin hari semakin bertransformasi dan berkolaborasi.

“Semoga sumbangsih tersebut menjadi tanda mata bagi generasi saat ini serta generasi yang akan datang,” ucapnya.(Hry)