Minggu , Oktober 17 2021

Hari Ini, 319 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Karawang

Karawang – Kasus harian terkonfirmasi virus corona (Covid-19) di Karawang pecah rekor. Hari ini, Rabu 23 Juni 2021, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang melaporkan sebanyak 319 warga Karawang terpapar virus corona.

Jumlah tersebut tercatat sebagai jumlah yang tinggi dibandingkan dengan awal hingga pertengahan pandemi melanda. Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK mengatakan, kasus penambahan pasien Covid-19 di Karawang dalam beberapa hari terakhir agak mengkhawatirkan.

“Hari ini 319, tiga hari ke belakang sebelumnya total 742 kasus. Dalam empat hari sudah lebih seribu warga Karawang terpapar Covid-19. Meskipun ini juga terjadi di beberapa daerah lain di Jawa Barat maupun Indonesia, tapi ini menjadi perhatian kami,” tandas Fitra.

Fitra menuturkan, sebagai langkah penekanan kasus harian yang cenderung meningkat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang telah mengeluarkan SE Bupati nomor 443/3635 – Disperindag terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan poin diantaranya memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, perkantoran, industri, penyekatan serta imbauan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini, Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat keterisian bed hampir 100 persen. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang terpapar Covid-19 menjalani isolasi mandiri di rumah. Teknisnya yaitu petugas puskesmas setempat akan memantau kondisi masyarakat, dan menyuplai obat-obatan dan vitamin yang diperlukan.

Ia juga meminta kepada masyarakat ataupun perusahaan agar segera melaporkan ke petugas Puskesmas, jika melakukan uji swab mandiri dengan hasil reaktif. Fitra mengatakan, ada indikasi masyarakat maupun perusahaan yang tidak melaporkan hasil uji swab mandiri.

“Kalau lapor kan mereka juga terbantu untuk obat-obatan. Kasian keluarga lainnya kalau sampai tidak lapor. Bisa menularkan ke anaknya, istrinya, suaminya atau orang tuanya. Laporan ini penting,” tegas Fitra.

Total, data Satgas Covid-19 hingga Rabu 21 Juni 2021 pukul 14.00, sebanyak 23.074 warga Karawang telah terpapar virus Covid-19, dengan rincian 20.189 telah sembuh, 990 orang dirawat di RS, 1.184 menjalani isolasi mandiri dan 711 meninggal dunia.

(And)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates