Jaksa Agung Bersama Kabandiklat Tinjau Operasi Hernia Dan Katarak Di Kalsel

oleh -46 Dilihat

20181029_001154Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo didampingi Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ny Hj Ros Ellyana, dan Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, selama 2 hari, Jumat (26/10/2018) dan Sabtu (27/10/2018), melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam keterangan Pers tertulis yang diterima Redaksi, Jaksa Agung Prasetyo, Ny Hj Ros Ellyana dan Setia Untung Arimuladi, meninjau langsung kegiatan bhakti sosial berupa operasi hernia dan katarak, yang diprakarsasi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Selatan, Ade Adhyaksa, di Rumah Sakit Idaman dan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjar Baru.

Baik Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua Umum IAS Ny Hj Ros Ellyana maupun Kabandiklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi mengapresiasi kegiatan bhakti sosial operasi hernia yang diikuti 41 orang dan operasi katarak sebanyak 146 orang sebagai wujud kepedulian dan kehadiran negara di tengah masyarakat oleh Kejaksaan.

“Kita punya program ini, dan Alhamdulilah sudah dilaksanakan di sejumlah daerah. Selain di Kalsel, terlaksana juga di Surabaya, Wonogiri, Sukabumi, Lampung, Palangkaraya, dan Kepulauan Riau,” paparnya.

Sambung Jaksa Agung, “Kita ingin sedikit ikut membantu memecahkan problem sosial. Ada masyarakat yang tidak bisa beraktivitas sendiri karena menderita penyakit katarak dan hernia. Namun setelah dioperasi, mereka bisa lebih mandiri dan mengurus dirinya sendiri. Ternyata juga banyak anak kecil bahkan bayi tentu ini masalah masa depan mereka yang harus diselamatkan,” tuturnya.

Orang nomor satu di Korps Adhyaksa itu juga mengatakan, operasi katarak dan hernia gratis dapat meringankan beban pemerintah. Bahkan dengan kemampuan seadanya, Kejaksaan juga memberikan sedikit bantuan bagi pasien.

“Dengan kegiatan ini kami juga ingin mengurangi jarak antara penegak hukum dan masyarakat. Jadi jaksa bukan hanya sekadar menghukum orang, tapi bisa membantu warga dalam banyak hal di luar urusan memberikan pelayanan hukum,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabandiklat Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, menyatakan, kegiatan bhakti sosial ini agar rakyat Indonesia memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik.

“Semua itu bentuk kepedulian kami sebagai jaksa yang prihatin akan kesehatan bagi masyarakat kecil, agar memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik,” ujar Untung.

Dalam kesempatan itu Untung juga mengungkapkan, aksi sosial ini mengingatkannya ketika masih menjabat sebagai Kajati Riau maupun saat menjabat Kajati Jawa Barat. Ketika itu, tambah Untung, dirinya kerap melakukan kegiatan aksi sosial.

“Baksos ini mengingatkan akan kegiatan baksos operasi kanker serviks tahun 2017 ketika saya menjadi Kajati Jabar,” ungkap Untung mengenang.

Kehadiran Jaksa Agung HM Prasetyo di Bumi Lambung Mangkurat bersama sang istri Ros Ellyana Prasetyo selaku Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) yang pada kesempatan itu juga meresmikan pendirian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Adhyaksa Banjarbaru yang berlokasi di areal Kejari Banjarbaru.

Selain itu, Jaksa Agung bersama Nyonya juga memberikan sejumlah penghargaan kepada siswa berprestasi tingkat nasional dan menyerahkan bantuan berupa mikroskop kepada empat sekolah.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *