Jaksa Agung Tegaskan Kepada Seluruh Jajarannya Untuk Tidak Lakukan Penyimpangan Hukum

oleh -34 Dilihat

20181128_164713Bali – Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan agar seluruh jajarannya untuk tidak melakukan penyimpangan hukum, dan tidak melakukan perbuatan yang merusak citra Korps Adhyaksa.

“Ketika ada diantara mereka yang terindikasi melakukan penyimpangan, ya kita tentu akan melakukan penindakan,” ujar Prasetyo kepada wartawan, di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan RI 2018, di Grand Inna Beach Hotel, Bali, Rabu (28/11).

Menurut dia, jika realitasnya ada oknum jaksa yang tertangkap, maka pimpinan memastikan akan menyerahkan penuntasan perkara itu kepada pihak terkait. Karena Kejaksaan berkomitmen untuk tidak mencegah maupun menghalangi proses hukum yang sedang berjalan.

“Tujuannya apa? Agar ini dapat menjadi contoh bagi yang lain. Bahkan, di kejaksaan sendiri jika ada oknum jaksa yang diindikasikan korupsi, pasti (penyidik) pidana khusus akan menangani kasus itu dan menahan mereka,” paparnya.

Ia membeberkan, saat ini kejaksaan sedang memproyeksikan beberapa kejaksaan menjadi satuan tugas atau satuan kerja wilayah bebas korupsi (WBK). Kebijakan itu sejalan dengan harapan untuk menjadikan kejaksaan semakin lebih baik.

“Namun, kalau ada oknum (tertangkap) satu atau dua orang, ya jangan digeneralisasi. Pemberantasan korupsi itu kita lakukan terus-menerus dan tanpa kompromi,” katanya.

Prasetyo mengaku, selalu memberikan imbauan dan penekanan kepada seluruh jaksa. Selain itu, ada pula rutinitas berupa pengawasan melekat, pengawasan fungsional, dan pemantauan pimpinan.

“Langkah tersebut bertujuan untuk mencegah jaksa melakukan penyimpangan,” jelasnya.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *