Sabtu , Februari 27 2021

Kapolda Jabar Kukuhkan Peningkatan Status Polres Bandung Menjadi Polresta

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi

Bandung – Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi mengukuhkan peningkatan status Polres Bandung menjadi Polresta Bandung, Senin (9/12/2019).

Turut hadir, Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat beserta pengurus, pejabat utama Polda Jabar, Kapolresta Bandung, Bupati Bandung, Dandim 0609/Bandung, Forkopimda Kabupaten Bandung, para Komandan Kesatuan TNI, Kapolrestabes Bandung, Kapolresta dan Kapolres jajaran Polda Jabar, Ketua MUI Kabupaten Bandung, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se-Kabupaten Bandung.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan peningkatan tipologi Polresta Bandung, merupakan perwujudan kepercayaan Pemerintah terhadap jajaran Polresta Bandung yang telah bekerja dengan baik dan maksimal, sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah yang mengharuskan adanya peningkatan type agar terwujud pelayanan prima kepada masyarakat.

“Peningkatan tipologi Polresta Bandung ini berdasarkan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 perihal peningkatan tipe dan pembentukan Polres,” terangnya.

Terkait hal itu, sambung Kapolda, maka selanjutnya akan dilaksanakan penyesuaian susunan organisasi, anggaran, sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personel secara bertahap dan menurut skala prioritas, sesuai dengan kebutuhan ideal, yang diselenggarakan dengan perkembangan Polres Kota Bandung.

Kapolda Jabar juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur TNI, pemerintah daerah, instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat Kabuoaten Bandung yang telah mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kundusif di wilayah hukum Polresta Bandung.

“Saya berharap agar kerjasama, sinergitas dan soliditas yang telah terjalin dengan baik senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan guna menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang,” tutur Kapolda.

“Kepada personel Polresta Bandung beserta jajaran, agar dapat meningkatkan kinerja dan semangat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara, sebagaimana kebijakan Kapolri dalam rangka penguatan personil polri yang profesional, modern dan terpercaya, menuju Indonesia maju,” tambahnya.

Untuk diketahui, kenaikan status ini dilatarbelakangi oleh dinamika kemanan, luas wilayah serta jumlah penduduk di Kabupaten Bandung yang terus meningkat. Atas kenaikan tipe tersebut kepemimpinan Kapolresta pun berubah semula dari Ajun Komisaris Besar Polisi menjadi Komisaris Besar Polisi.

Sekilas sejarah Polres Kota Bandung, berdiri pada tahun 2003 yang merupakan pemisahan dari Polres Cimahi, dengan 22 Polsek dan saat ini pada tahun 2019 meningkat menjadi Polresta Bandung, dengan jumlah Polsek 25, dengan jumlah personel 1.765 orang, jumlah penduduk 3.374.316 orang, dengan police ratio B1:1.911. Sehingga diperlukan pembentukan Polresta Bandung guna mewujudkan pelayanan Polri yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bandung.(Moh. Asep)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates