Minggu , Oktober 17 2021

Luar Biasa, Desa Warung Bambu Terapkan Layanan Berbasis Online Kepada Masyarakat

Setelah beberapa waktu yang lalu diberikan penilaian sebagai Desa mandiri. Kini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang menjadikan Desa Warung Bambu sebagai Desa digital. Yaitu Desa yang menerapkan piranti teknologi canggih dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Seiring dengan perkembangan teknologi, kita menerapkan sistim digitalisasi berbasis online untuk menerapkan layanan kepada masyarakat,” ungkap Kepala Desa Warung Bambu, Mustakin, Kamis (26/8/2021).

Dijelaskan Mustakim, semua layanan masyarakat sudah tersedia dalam website www.desawarungbambu.com. Bagi masyarakat yang kehendak mengurus surat-surat dapat melalui online. Jadi hal ini untuk memudahkan warga.

“Warga tinggal buka layanan www.desawarungbambu.com, lalu mengisi aplikasi sesuai dengan kebutuhannya dan hasil print out ya tinggal ngambil ke Desa,” tutur Mustakim.

Menurut Mustakim, layanan diberikan kepada masyarakat bukan hanya layanan website saja, namun pihaknya juga akan memberikan WiFi gratis kepada masyarakat. Sekarang ini pihaknya tengah membangun satu reviter induk yang akan dipancarkan ke seluruh tower yang ada di 7 Dusun.

“Untuk saat ini rencananya akan dibangun 3 tower terlebih dahulu dari 3 Dusun. Tentu saja WiFi ini sangat berguna sekali bagi pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi anak-anak sekolah. Bagi desa juga dengan adanya WiFi dapat memantau berbagai kegiatan masyarakat. Seperti halnya dalam mendongkrak program UMKM atau produk unggulan Desa,” ungkap Mustakim.

Mustakim menambahkan, pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat yang belum mengerti dan memahami tentang internet ini. “Kita berharap dengan adanya layanan wibesite dan WiFi gratis ini dapat mempercepat laju pembangunan Desa,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Warung Bambu, Nanang Sutiana menambahkan, program Desa Digital adalah program yang diusung saat kampanye Pilkades, dan sekarang mulai pelaksanaan pembangunan Tower untuk akses Internet warga Desa Warung Bambu, agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Diharapkan bisa membantu perekonomian warga yang sudah banyak melakukan transaksi online, selain itu ke depannya bisa dirasakan juga anak pelajar yang belajar secara Daring,” ungkap Nanang.

“Program Desa Digital sudah mulai bisa diakses di website Desa Warung Bambu, masyarakat akan lebih mudah untuk melihat segala macam informasi terkait Desa, baik itu dari Infrastruktur maupun pelayanan,” jelasnya.

“Targetnya WiFi untuk warga bisa rampung di akhir tahun 2021 ini,” pungkas Nanang.

(Marlina)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates