Rabu , Juli 28 2021

M. Rum : Selain Mengikuti ASEAN Meeting of Attorney General 2018, Jaksa Agung Juga Menghadiri 13th ASEAN Law Association General Assembly

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) M. Rum

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) M. Rum

Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo selain mengikuti ASEAN Meeting of Attorney General 2018, juga menghadiri 13th ASEAN Law Association (ALA) General Assembly, di Ballroom Fairmont Hotel, Singapore.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) M. Rum, “acara 13th ASEAN Law Association General Assembly juga dihadiri oleh Jaksa Agung dan Chief of Justice se ASEAN. Acara itu mengambil tema “the power of one, unlocking opportunities in ASEAN Through Law”, antara lain memandang pentingnya peran hukum dalam rangka memastikan kemudahan perijinan berusaha sehingga dapat mendukung terwujudnya kesatuan ekonomi ASEAN,” Ujar M. Rum, di Jakarta, Kamis (26/7).

Menurut M. Rum, hadirnya President ALA Avelino V. Cruz memperkirakan bahwa ASEAN akan menjadi kekuatan kelima di Dunia, sehingga perlu penguatan kerangka kerja hukum dan mengharmonisasikan berbagai ketentuan hukum dan sinergitas profesi hukum untuk mendukung Integrasi ekonomi ASEAN.

Oleh karenanya, sambungnya, perlu untuk mengintensifkan peranan ALA dalam menciptakan legal framework yang kokoh, dengan memantau berbagai perjanjian dan kerjasama di antara anggota ASEAN.

Sementara itu, Deputy Secretary General ASEAN Dr AKP Mochtan sebagai keynote speaker dalam paparannya mengingatkan cetak biru ASEAN yang terdiri dari 3 pilar penting, yaitu: politik, keamanan dan ekonomi sebagai bagian dalam mewujudkan visi integrasi ekonomi ASEAN pada tahun 2025, sehingga dapat lebih kompetitif dalam hubungan antar Bangsa.(Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates