Sabtu , Februari 27 2021

Pengelolaan Bumdes Gerbang Nusantara Dikeluhkan Masyarakat

Ilustrasi (Google image)

Tanjab Barat – Masyarakat Desa Dataran Kempas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, keluhkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Gerbang Nusantara.

Pasalnya, menurut mereka, pengelolaan Bumdes diduga tidak transfaran. Bahkan dari hasil laporan tahunan terkesan banyak terjadi kekeliruan.

“Kalau pembangunan Desa kami berjalan dengan baik dan lancar. Tapi ada yang kami sayangkan terkait pengelolaan Bumdes di Desa kami ini Pak. Dengan di gelontorkanya puluhan juta rupiah, seharusnya Ketua serta pengurus dalam pengelolaan badan usaha milih desa harus lebih transparan dan keterbukaan, bukan untuk kelompok tapi untuk kesejahteraan masyarakat seluruh Desa,” ujar salah seorang masyarakat yang enggan namanya dipublikasikan.

Ia juga menilai, Bumdes tidak berjalan sebagai mana mestinya. Karena, menurutnya, ketua maupun pengurus diduga kurang memahami AD/ART.

“Padahal Bumdes ini menjadi urat nadi perekonomian suatu Desa,” tambahnya.

Sementara itu, ketua Bumdes Gerbang Nusantara Musriadi mengatakan, mengenai laporan Bumdes sudah di terima oleh Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa) Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

“Tapi saya tidak tau yang menerimanya,” pungkas Musriadi, ditengah-tengah kesibukannya.

Mengenai keuntungan Bumdes perbulan dan pertahun, “saya tidak tau,” ucapnya.

Ditemui di Kantornya, bagian pelaporan Dinas PMD Kabupaten Tanjab Barat, Defrian mengatakan, mengenai laporan Bumdes Desa Dataran Kempas sudah masuk di Dinas PMD.

“Sudah masuk di PMD, tapi laporan globalnya,” pungkas Defrian.(yn)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates