Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ, Ini Yang Di Katakan Bupati Anwar Sadat

oleh -17 Dilihat

Kuala Tungkal – Bupati Drs H Anwar Sadat, M.Ag pimpin rapat persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, bertempat di uula rumah dinas Bupati, Senin (2/8/2021).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan rencana pelaksanaan MTQ sudah beberapa kali mengalami penundaan jadwal. Menurutnya, arahan lisan dari gubernur Al Haris saat kunjungan kerja ke Tanjung Jabung Barat, even keagamaan terbesar di Provinsi Jambi tersebut bisa dilaksanakan dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati mengungkapkan, jika MTQ tetap dilaksanakan ada beberapa hal yang harus disepakati. Di antaranya, upaya antisipasi potensi kerumunan massa dengan membatasi atau bahkan meniadakan acara-acara yang bersifat seremonial, terutama pada saat pembukaan dan penutupan serta kegiatan bazar dan pameran.

“Bila tidak memungkinkan, kita hanya melaksanakan acara inti even dan perlombaan. Inti MTQ bukan sekedar seremonial, namun event pada cabang-cabang yang kita optimalkan salah satunya bisa dengan pengkondisian setiap cabang lomba tidak di satu spot,” ucap Bupati.

Untuk diketahui, pada hasil rapat terakhir ditetapkan bahwa pelaksanaan MTQ diadakan pada tanggal 30 September hingga 7 Oktober 2021, berikut hasil kesimpulan rapat :

  1. MTQ tetap diselenggarakan dengan usulan ke Pemerintah Provinsi Jambi terkait jadwal pelaksanaan yakni tanggal 30 september s/d 7 oktober 2021.
  2. Perlombaan diadakan di siang hari.
  3. Harus konsisten terkait peniadaan tbazar dan acara seremonial.
  4. Kafilah, Dewan Hakim, dan Panitera wajib melakukan Swab/PCR Test sebelum masuk ke Tanjab Barat.
  5. Kunjungan OPD Kabupaten/Kota dalam rangka support kafilah masing-masing ditiadakan.
  6. Jadwal perlombaan dipersingkat.
  7. Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat bagi peserta baik saat di lokasi lomba maupun dan di pemondokan.
  8. Akan segera dilaksanakan rapat lanjutan bersama OPD terkait.

Turut hadir, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Polres Tanjab Barat, Kodim 0419/Tanjab, Kementerian Agama, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Kepala Bagian yang tergabung dalam kepanitiaan.(yn)