Senin , Mei 17 2021

Presiden KAI Kecam Keras Aksi Pemukulan Dan Pengeroyokan Terhadap Advokad

presiden KAIJakarta – Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) Adv. H. TjoeTjoe Sandjaja Hernanto, mengutuk keras atas peristiwa pemukulan terhadap rekan sejawat advokat Peradi dari Gorontalo, Hamzah Zes, yang diduga telah dikeroyok sejumlah warga saat meninjau lahan sengketa di Desa Molosipat, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, kamis 13/7 lalu, sekitar pukul 15 30 Wita.

Kejadian itu pun mendapat perhatian serius dari Presiden KAI, “bagi kami Advokat adalah satu, dari organisasi manapun ia berasal. Bila ada advokat yang tersakiti maka seluruh jiwa raga kami ikut merasakan sakit,” tegasnya.

Presiden KAI meminta, agar kejadian ini segera diusut tuntas oleh aparat penegak hukum, agar masyarakat tidak lagi main hakim sendiri, terutama kepada para advokat yang sedang melaksanakan tugas profesinya.

Ia juga menegaskan, bahwa sebagaimana diatur dalam padal 18 ayat 2 UU Advokat No. 18 Tahun 2003, maka Advokat tidak boleh diidentikkan dengan kliennya ketika membela kliennya.

“Saya perintahkan kepada KAI di Gorontalo untuk terus memonitor setiap perkembangan kasus Hamzah Zes itu,” Ucapnya.(Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates