Ratusan Peserta Dari 18 Provinsi Ikuti Sriwijaya Dempo Enduro Di Pagar Alam

oleh -86 Dilihat

Pagar Alam – Walikota Pagaralam Alpian Maskoni secara langsung membuka event olahraga sepeda Sriwijaya Dempo Enduro 2021, Sabtu (4/12/2021). Event dibagi dalam tiga kategori yaitu kategori Enduro, King Off Mountain, dan Fun Bike.

Alpian Maskoni mengatakan, para peserta akan mendapat suasana berbeda karena peserta akan melintasi hamparan kebun teh yang hanya bisa dilihat di Indonesia.

“Sriwijaya Dempo Enduro diikuti 300 peserta yaitu KOM 100 peserta dan Enduro 200 peserta. Event ini diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata di Kota Pagaralam sebagai kota tujuan wisata,” harapnya.

Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bayu Aji mengatakan, event berkelas Nasional ini bakal menjadi agenda rutin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kedepannya, akan kita gelar setiap tahunnya kegiatan. Di massa pandemi ini kita perlu adaptasi dalam berwisata. Karena kebiasaan baru dalam pandemi harus diterapkan saat berwisata,” ujarnya.

Menurutnya, Kota Pagaralam merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatera Selatan (Sumsel). Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam harus bisa mengembangkan wisata lokal.

“Sriwijaya Dempo Enduro merupakan event wisata alam dipadukan dengan olahraga serta wisata petualangan dan belatar belakang alam Gunung Dempo. Event ini ini harus dilakukan untuk persaingan wisata di Indonesia. Dengan adanya event ini kita berharap akan membangkitkan sektor wisata dan UMKM di Kota Pagaralam,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, Sriwijaya Dempo Enduro merupakan event Nasional perdana yang diikuti 18 Provinsi. Untuk itu Pemprov (Pemerintah Provinsi) sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Diharapkan event ini jangan saja menjadi evant Nasional, namun bisa menjadi event Internasional. Kegiatan ini nantinya akan mendampingi kegiatan bersepada Grand Fondo yang pesertanya hampir tiga ribu peserta,” ungkapnya.

(Jimson)