Minggu , Oktober 17 2021

Sekda Agus Sanusi Buka Sosialisasi Bahaya Terorisme Dan Radikalisme Bagi Generasi Muda

Kuala Tungkal – Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus sanusi M.Si membuka sosialisasi bahaya terorisme dan radikalisme di kalangan Pelajar, Pemuda dan Mahasiswa, bertempat di ruang Pola Utama Kantor Bupati, Selasa (12/10/2021).

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini juga diikuti dengan berkembangnya paham radikalisme dan terorisme yang tentunya mengancam stabilitas dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, hal tersebut perlu diantisipasi dengan membangun kesadaran dan membentengi diri dari paham radikalisme dan terorisme bagi generasi muda.

“Sebagaimana kita pahami, bahwa masyarakat dunia dan bangsa Indonesia khususnya senantiasa dihantui oleh paham-paham radikal dan aksi-aksi terorisme yang mengancam stabilitas Negara. Seiring dengan kemajuan zaman, radikalisme dan terorisme juga mengikuti pesatnya perkembangan teknologi,” ungkapnya.

“Hal ini memberikan sinyal bahwa paham radikalisme masih rentan di generasi muda, penting bagi adik-adik pelajar maupun mahasiswa untuk dapat membangun kesadaran dan membentengi diri dari paham radikalisme dan terorisme,” tambahnya.

Sekda juga menyampaikan, Pemberantasan radikalisme dan terorisme merupakan masalah yang kompleks, sehingga dalam pelaksanaannya bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan saja, namun juga membutuhkan partisipasi dari semua pihak dan lapisan termasuk masyarakat.

“Kurangnya kesadaran dan partisipasi bukan saja mempersulit pemberantasan, tetapi juga akan memberikan ruang hidup bagi para teroris peran aktif ini rasimuda, masyarakat dan para tokoh akan sangat membantu tugas aparat pemerintah terutama dalam melakukan deteksi dini guna mewaspadai munculnya gerakan radikal serta aktivitas terorisme,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Sekda mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan sosialisasi tersebut yang sangat penting dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi bahaya dari paham radikalisme dan terorisme.

Turut hadir, perwakilan Polres Tanjab Barat, perwakilan Kodim 0419 Tanjab, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjab Barat, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, Kaban Kesbangpol Tanjab Barat, serta para peserta sosialisasi yang merupakan pelajar, pemuda dan mahasiswa. (yn)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates