Terapkan Prinsip Betah, Polda Jabar Gelar Penandatanganan Fakta Integritas Penerimaan Taruna-Taruini Akpol Dan Tamtama

oleh -28 Dilihat

Bandung – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menggelar Penandatanganan Fakta Integritas Penerimaan Taruna-Taruini Akademi Kepolisian dan Tamtama Polri T.A. 2020 Panda Polda Jabar, bertempat di Aula Muryono Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta No. 748, Bandung, Kamis (2/7/2020).

Penerimaan anggota Polri Panda Jawa Barat kali ini menjadi pererhatian Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, yang pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Waka Polda Jabar Brigjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si., M.M., diantaranya penandatanganan Fakta integritas sebagai wujud Komitmen Panitia, Orang Tua, dan peserta sebagai suatu kontrak moral dan janji agar terhindar dari tindakan KKN.

Wakapolda Jabar juga mengatakan, bahwa kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah dijabarkan dengan Program Prioritas Kapolri, yaitu mewujudkan SDM yang unggul melalui Rekrutmen Proaktif berbasis Teknologi Informasi, maka Polda Jabar telah mengimplementasikan mewujudkan mekanisme seleksi yang Clear and Clean dan sesuai dengan prinsip penerimaan yaitu Bersih, Transparan, Akuntable dan Humanis (BETAH).

Waka Polda Jabar menyampaikan penekanan dari Kapolda Jabar, yaitu laksanakan kegiatan seleksi dengan baik sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam situasi New Normal dalam mencegah Penyebaran Covid-19.

“Jangan terlibat atau sengaja melibatkan diri dalam praktek KKN yang dapat mencederai prinsip BETAH serta Clear and Clean dalam proses seleksi,” ujar Wakapolda Jabar.

Adapun Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 1.126 orang dengan rincian Akpol 682 orang yang terdiri dari Pria 633 orang, Wanita 49 orang, serta Tamtama berjumlah 444 orang, untuk Tamtama Brimob 412 orang dan Tamtama Polair 32 orang.

Turut hadir, Irwasda Polda Jabar, para Katim/Wakatim Seleksi, Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat, Ketua IDI Prov. Jabar, Direktur Polban, Ketua LSM PMPRI, Wartawan, Pengawas internal yaitu Itwasda, Bid Propam dan Bid TIK Polda Jabar, Panitia Seleksi Panda dan Pabanrim, Orangtua/Wali, dan peserta Seleksi Taruna-Taruni Akpol dan Tamtama Polri. Sedangkan para Kapolres jajaran selaku Ketua Pabanrim melalui Video Conference.(Moh. Asep)