Wakil Jaksa Agung Tegaskan Jaksa TP4 Jangan Minta Proyek Atau Fee Saat Tugas

oleh -28 Dilihat

IMG-20180417-WA0035_1Jakarta – Wakil Jaksa Agung RI, Arminsyah menegaskan, Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) saat melakukan tugas pendampingan jangan meminta proyek atau uang fee untuk kepentingan pribadi.

“Saya ingatkan para jaksa TP4 jangan meminta-minta proyek atau fee saat melakukan tugas pendampingan. Sebab, kegiatan TP4 yang menjadi andalan (Kejaksaan), bisa jadi bumerang malapetaka apabila disalahgunakan dalam pelaksanaannya,” kata Arminsyah saat membuka acara Sosialisasi TP4 dan Workshop Public Speaking bagi para Kajati se-Indonesia, di Hotel Century, Jakarta, Selasa (17/4).

Menurutnya, penyalahgunaan kewenangan yakni menggunakan TP4 untuk mengejar kepentingan pribadi dengan meminta-minta Pekerjaan, Proyek, fee, ataupun hal-hal lain yang bertentangan dengan latar belakang pemikiran dan tujuan didirikannya TP4.

“Ya, jangan memeras, minta proyek maupun fee. Semua itu dapat mencoreng citra dan menurunkan martabat kalian (para jaksa) serta lembaga kejaksaan secara umum,” kata Arminsyah.

Apalagi sejak program TP4 bergulir, banyak kepercayaan dan apresiasi positif dari Kementrian atau Lembaga maupun BUMN/BUMD untuk mendukungnya. Bahkan apresiasi juga datang dari luar Negeri, seperti China Asean Jurist Gethering dan China Asean Legal Forum.

Ia menambahkan, program TP4 disana telah menarik perhatian dan pujian dari Praktisi, Akademisi, dan Penggiat Hukum dari Negara-Negara Asean dan Republik Tiongkok.

Sambungnya, pada dasarnya kegiatan TP4 merupakan bentuk kongkrit inovasi yang dilakukan Kejaksaan guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi. Dapat dilihat dari meningkatnya Respon positif, kuantitas pengawalan dan pengamanan yang dilakukan oleh TP4 sepanjang tahun 2017 sebesar 10 ribu kegiatan, atau meningkat 5 kali lipat dibanding tahun 2016. Begitu pula halnya dengan nilai kegiatan yang berhasil didampingi TP4 senilai Rp 977 triliun atau meningkat 8 kali lipat dari tahun sebelumnya.

“Karena itu saya berharap agar kinerja TP4 harus lebih lebih ditingkatkan, sehingga kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan juga meningkat,” kata Armin yang juga mantan Jaksa Agung Muda Intelejen (Jamintel) Kejagung.

Acara dihadiri oleh Jampidsus Adi Toegarisman, dan dikuti para Kajati, Kajari, Kordinator, Asintel, juga Kasientel se-Indonesia.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *