Kamis , Desember 9 2021

50 Anggota Paskibraka Kabupaten Karawang Dikukuhkan

FB_IMG_1534374172713Karawang – Sebanyak 50 anggota Pasukan Pengibar Bendera  Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Karawang dikukuhkan, di Plaza Pemkab Karawang, Rabu (15/8/2018).

50 anggota Paskibraka ini berasal dari 42 SMA dan SMK Negeri maupun Swasta di Karawang, yang nantinya akan bertugas mengibarkan bendera merah putih dalam upacara peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, pada 17 Agustus 2018 mendatang di Kabupaten Karawang.

“Paskibraka ini terdiri dari 25 putra dan 25 putri,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Dadan Sugardan, dilansir dari Diskominfo Karawang.

Ia mengungkapkan, para anggota paskibraka telah menjalani pemusatan pelatihan sejak 4-18 Agustus 2018, yang dilaksanakan di Lapangan Karangpawitan dan Aula Hotel Omega Karawang.

Adapun materi yang diberikan antara lain latihan baris berbaris, ESQ, kepemimpinan, sejarah, pendidikan karakter, sejarah bendera merah putih, penerapan nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari, dan sejarah Karawang.

Sementara tujuan pengukuhan Paskibraka tersebut, lanjutnya, untuk mempersiapkan pasukan pengibar bendera pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73, melatih dan membina agar Paskibraka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sukses.

“Terakhir untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar,” ucapnya.

Sementara itu, Pengukuhan Paskibraka dilakukan oleh Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Endang Sumardi.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Endang Sumardi mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang terpilih menjadi Paskibraka Karawang.

“Saya atas nama pribadi dan segenap Pemerintah Kabupaten Karawang mengucapkan selamat atas terpilihnya adik-adik sekalian menjadi Paskibraka Karawang,” ujarnya.

Ia juga meminta para anggota Paskibraka Karawang menjadi figur tauladan sejati, baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan bermasyarakat.

“Jadilah masa depan yang cerdas, berpikiran maju, menguasai teknologi, menggali potensi diri, mempunyai mental kokoh, ulet, dan berjuang demi Karawang, juga tentunya bangsa dan negara,” tutupnya.

Pengukuhan dihadiri Bupati Karawang dr. Hj.  Cellica Nurrachadiana, Ketua DPRD Karawang Toto Suripto, Sekda Kabupaten Karawang Teddy Rusfendy Sutisna, Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi, perwakilan stakeholder lainnya, dan para orang tua anggota Paskibraka Karawang. (And)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates