Bupati Anwar Sadat Hadiri Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah Menjaga Netralitas ASN

oleh -158 Dilihat

BUPATI Tanjung Jabung Barat Drs.H.Anwar Sadat M,Ag hadiri Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah Menjaga Netralitas ASN pada pemilihan serentak Tahun 2024, di gedung Ecovention Ancol, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Turut hadir, Plt Kepala BKN Drs. Haryomo Dwi Putranto, M.Hum, Brigjen Pol Boy Rando Simajuntak, S.IK, M.Si Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Polri, Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan -RB, Aba Subagja S.sos,.M.AP, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr. Suhajar Diantoro M.Si, Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu R.I Dr.(C) Puadi S.Pd, MM, Gubenur Se Indonesia, Bupati/Walikota Se Indonesia dan Kordiv PP Bawaslu dan Korsek Provinsi, Kabupaten/Kota Seindonesia.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, dalam sambutannya menyinggung soal netralitas perangkat Desa. Dirinya mengatakan, jangan sampai terjadi indikasi kepala desa yang dimanfaatkan untuk kepentingan peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Ada PR kita terbaru mengenai kepala desa yang sekarang mulai digiatkan untuk kepentingan calon tertentu, calon kepala daerah tertentu,” kata Bagja.

Lebih lanjut, Bagja mengatakan, ini menjadi ‘pekerjaan rumah’ (PR) bersama, termasuk Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Jadi PR nya ini bukan hanya kepala BKN, juga pak Mendagri,” ujar Bagja.

Bagja juga mengingatkan, agar seluruh Bawaslu di Kabupaten/Kota berkoordinasi kepada pejabat pimpinan kepegawaian. Sehingga netralitas kepala daerah dan ASN selama pelaksanaan pilkada serentak bisa terjaga.

“Kami berharap seluruh Bawaslu provinsi kabupaten/kota yang ada di sini, agar segera melakukan koordinasi langsung dengan pejabat pimpinan kepegawaian di seluruh provinsi kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Kami harapkan kerjasamanya yang sudah bapak/ibu lakukan juga terima kasih atas kerjasamanya selama ini,” tutupnya. (yn)