Kamis , Desember 9 2021

Berlangsung Sukses, Kongres Seniman Se-Jabar Di Ikuti 22 Perwakilan Kabupaten Dan Kota

Karawang – Perwakilan seniman dari 22 Kabupaten dan Kota mengikuti kongres seniman se Jawa Barat (Jabar) ke-1, bertempat di Hotel Swissbell inn Karawang, Kamis (18/11/2021).

Kongres dibagi menjadi menjadi 3 Komisi, Komisi I membahas tentang AD/ART, Keorganisasian dan struktur pengurus. Komisi II membahas Program Kerja Para Seniman. Dan Komisi III membahas tentang Raperda perlindungan para pelaku seni.

Nace Permana S.Kom sebagai inisiator dan penggagas kongres seniman se-Jabar ke 1 ini menegaskan, bahwa kongres seniman se-Jabar ini dilaksanakan untuk mencari solusi dalam pemajuan kebudayaan dan kesejahteraan para seniman dan seniwati se Jawa Barat.

“Dari kemarin kami melakukan sidang komisi merumuskan Raperda Inisiatif perlindungan pemajuan Kebudayaan di Jawa Barat,” ujar Nace.

“Tadi sudah dipaparkan oleh masing-masing komisi dan sudah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai beberapa pasal terkait tentang bagaimana cara melindungi dan melestarikan seni budaya yang ada di Jawa Barat,” pungkasnya.

Menurut Nace, salah satunya keinginan dari kongres tersebut adalah adanya pemisahan dinas seni dan budaya dengan bidang lain yang menjadikan konsentrasi terhadap seni dan budaya lemah

“Ke depannya yang harus bertanggung jawab adalah Pemerintah Daerah, maka dibuatkan Perda yang bersifat kewajiban. Dan ketika Pemerintah Daerah tidak melakukan dan melaksanakannya isi perda tersebut, maka bisa digugat ada sanksi pidananya. Maka perlindungannya harus dibuat regulasi, kalau hanya kebijakan biasa tanpa payung hukum takkan berarti apa-apa,” terang Nace.

Ia berharap, dengan diadakan Kongres seniman se-Jabar ini bisa menghasilkan Perda Inisiatif tentang Pemajuan seni dan budaya di Jawa Barat, yang pada prinsipnya peraturan yang ada belum mendukung secara khusus terhadap pemajuan kebudayaan dan para pelaku seni dan budaya.

(Marlina)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates