Minggu , Mei 29 2022

BPBD Karawang Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Karawang – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin menghimbau masyarakat Karawang untuk waspada terhadap cuaca ekstrem dalam beberapa hari mendatang.

Yasin mengatakan, informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa potensi hujan lebat dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat (Jabar) termasuk Karawang.

“Beberapa hari ke belakang angin puting beliung terjadi di beberapa kecamatan seperti Cilamaya Kulon, Tempuran dan kecamatan lainnya. Beberapa rumah rusak ringan, jadi kami imbau masyarakat agar waspada,” ujar Yasin, seperti dilansir akun resmi FB Diskominfo Karawang.

Yasin mengatakan, saat ini fenomena La Nina masih mengintai wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Jabar. Fenomena La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya.

Efek dari fenomena La Nina menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan bulanan di Pulau Jawa, dengan akumulasi curah hujan bulanan dapat meningkat hingga 70 persen.

La Nina juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan sebagainya.

(And)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates