Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Himbau Guru Dan Orang Tua Perketat Pengawasan Terhadap Anak

oleh -116 Dilihat
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupten Bangka, Rozali Romkad

Sungailiat – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupten Bangka Rozali Romkad, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang berada diwilayah Kabupaten Bangka khususnya para guru dan orang tua murid untuk dapat memperketat dalam hal pengawasan terhadap anak-anaknya, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.

“Memang kita akui sekarang maraknya isu tetang penculikan anak, yang khususnya anak yang masih dibawah umur TK, SD, SMP, jadi kami menghimbau kepada orang tua harus berhati-hati saat mengantar anak ke sekolah, dan pada saat penjemputan harus ditunggu. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Rozali, Kamis (2/2/2023).

Ditambahkannya, bahwa untuk anak-anak juga jangan mudah percaya, jangan sok-sok kenal, sok akrab jika ada orang asing yang tidak dikenal yang mau menjemput ataupun mengantar ke rumah, dan orang tua tetap harus waspada, harus wanti-wanti jangan terlalu percaya terhadap orang yang tidak di kenal.

“Disaat kondisi dan situasi saat ini, peran orang tua perlu ditingkatkan lagi buat anak-anak, bisa sampaikan edukasi, pemahaman terhadap anak-anak, dan tetap memantau anak di sekolah maupun dirumah,” ujarnya.

Diakuinya, selain itu peran dari satuan pendidikan Guru sangat diperlukan mulai dari guru TK, SD, SMP, harus tertib untuk antisipasi apabila orang tua menjemput. “Jangan hanya menjemput di luar pekarangan atau pagar saja, silahkan orang tua murid disuruh masuk ke pekarangan pagar sehingga guru kenal dengan orang tua para murid,” katanya.

Menanggapi isu tersebut, Rozali menjelaskan, mengingat isu yang beredar kita akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) ke satuan pendidikan dari PAUD, TK, SD, SMP, secara tertulis.

“Rencana besok kami akan membuat surat edaran ke sekolah-sekolah karena di kota-kota besar sudah banyak terjadi. Sehigga isu ini sangat membuat resah dikalangan  masyarakat,” pungkasnya. (RI)