Kabupaten Tanjung Jabung Barat Raih Penghargaan UHC Tahun 2024

oleh -416 Dilihat

Jakarta – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2024 dalam sebuah acara yang digelar di Krakatau Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Kamis (24/8/2024). Penghargaan ini menegaskan komitmen Tanjung Jabung Barat dalam memberikan akses kesehatan yang merata dan berkualitas kepada seluruh warganya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K. H. Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association Muhammad Asman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat menjadi salah satu dari lima kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang berhasil meraih penghargaan UHC. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas capaian 95% penduduk Tanjung Jabung Barat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu sebanyak 33 Provinsi 460 kabupaten/kota juga memperoleh UHC. Secara nasional, cakupan UHC pada tahun 2024 mencapai 98,19%.

Dalam arahannya Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya UHC sebagai konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan secara adil, komprehensif, bermutu dan tanpa hambatan finansial.

“Dengan hasil dari sinergitas dan kolaborasi antara BPJS Kesehatan, Kementerian/Lembaga dan seluruh Pemerintah Daerah yang telah mendapatkan UHC di harapkan selalu menjadi motivasi untuk menyempurnakan cakupan kepesertaan Aktif dengan memastikan perlindungan kesehatan penduduk secara menyeluruh sehingga juga dapat menjadi contoh bagi Daerah yang belum hadir pada hari ini,” terangnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti melaporkan bahwa kepesertaan JKN meningkat dari tahun ke tahun dengan cakupan mencapai di atas 98 persen dari total penduduk. Selain itu, sebanyak 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota (96 kota dan 364 kabupaten) berhasil mewujudkan UHC di wilayahnya, dengan cakupan kepesertaan semesta JKN lebih dari 95 persen dari total penduduk.

“Sampai dengan 1 Agustus 2024, tercatat cakupan perlindungan kepesertaan Program JKN telah mencapai 276.520.647 jiwa atau lebih dari 98% dari total penduduk yang semester 1 tahun 2024 sejumlah 281.603.800 jiwa,” ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga mendapatkan penghargaan dari The International Sports Sciences Association (ISSA) yang di berikan langsung oleh Presiden ISSA Muhamad Azman kepada Wakil Presiden RI KH.Ma’aruf Amin atas apresiasi dan dedikasi Negara atas perlindungan Kesehatan yang tinggi bagi masyarakatnya dengan UHC Kepesertaan JKN-KIS yang telah mencapai 98,19%.

Turut hadir mendampingi Bupati Tanjung Jabung Barat dalam kegiatan tersebut Kepala RSUD KH Daud Arif, Kepala Dinas PUPR dan Kepala Kantor BPJS Tanjung Jabung Barat. (yn)