PBAK UIN STS Jambi Di Hari Kedua Berjalan Lancar dan Meriah, Mahasiswa Difabel Tampil Memukau

oleh -205 Dilihat

Jambi – Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN STS Jambi hari kedua berlangsung dengan lancar, meriah dan penuh haru. Acara yang diadakan di kampus di auditorium Kampus mendalo ini dihadiri oleh ribuan mahasiswa baru yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan, termasuk 10 mahasiswa difabel.

Partisipasi Pusat Gender, Anak dan Disabilitas (PGAD) telah mengawali proses PBAK dengan menerjunkan sejumlah relawan PGAD terdiri dari mahasiswa berpengalaman, dosen serta Juru Bahasa Isyarat (JBI) untuk memastikan mahasiswa difabel bisa beradaptasi dan membaur serta merasakan iklim inklusif di kampus UIN STS Jambi.

Di samping itu, PGAD juga membuka stand khusus yang menyediakan air minum gratis, informasi kegiatan PGAD termasuk di antaranya Satgas PPKS. Pengunjung bisa berfose dengan tagline yang disiapkan di stand tentang kampanye anti kekerasan.

Semua ini untuk mendukung kampus inklusi dan non diskriminasi, sesuai harapan Rektor UIN Jambi, Prof As’ad, M.Pd saat pembukaan PBAK Senin, 26 Agustus 2024. Beliau mengatakan, bahwa inklusi adalah salah satu pilar utama dalam pengembangan akademik dan kemahasiswaan di universitas ini.

Sementara itu, Koordinator PGAD UIN STS Jambi, Nisaul Fadilah, M.Si, Ph.D menyatakan, bahwa pihaknya berencana merancang program pendampingan yang sistematis untuk memastikan semua kebutuhan mahasiswa difabel terpenuhi.

“Kita ingin mahasiswa difabel merasa nyaman dan didukung penuh dalam menjalani kehidupan akademik di sini. Kita akan melakukan pendampingan dalam kegiatan PBAK dan setiap langkah perjalanan akademik mereka,” ungkap Nisa dalam rapat koordinasi persiapan dengan mahasiswa difabel, orang tua dan relawan.(yn)