Pemkab Karawang Percepat Perbaikan Jalan Jalur Mudik

oleh -68 Dilihat
Photo : ilustrasi
Photo : ilustrasi

Karawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan sejumlah jalan yang akan dilalui pemudik. Mepetnya waktu, membuat proses lelang perbaikan jalan dipercepat untuk mencapai target perbaikan jalan yang harus selesai H -10 lebaran.

“Untuk jalan yang akan digunakan jalur mudik proses lelangnya kita percepat karena mengejar waktu yang harus selesai semua H -10. Bulan Mei ini sudah mulai dikerjakan untuk jalan yang dilewati pemudik di beberapa titik, kita pastikan kondisi jalan akan mulus dan layak untuk dilalui pemudik nantinya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Acep Jamhuri, Senin (07/05).

Acep mengaku, sebenarnya ruas jalan yang harus diperbaiki sangat banyak, hanya saja karena bertepatan dengan lebaran, Pemerintah Daerah lebih fokus untuk mendahulukan perbaikan jalan untuk jalur mudik. Perbaikan jalan yang paling prioritas yaitu jalur Cilamaya – Cikalong, karena kerusakannya sudah sangat parah. Namun karena keterbatasan anggaran tahun ini, Pemerintah hanya bisa menganggarkan Rp.5 miliar untuk perbaikan jalan tersebut. Padahal, berdasarkan perkiraan perbaikan jalan seluruhnya memakan biaya sebesar Rp30 miliar.

“Dengan anggaran Rp.5 miliar, kita hanya bisa mempebaiki jalur Cilamaya – Cikalong sepanjang 2 kilometer, dari panjang jalan seluruhnya yang mencapai 15 kilometer. Padahal jalan tersebut merupakan jalur ekonomi masyarakat, dan sebentar lagi akan digunakan sebagai jalur alternatif lebaran,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Karawang menyediakan anggaran untuk peningkatan jalan Kabupaten sebesar Rp 117 miliar. Angka tersebut sangat sedikit jika melihat jumlah jalan yang rusak dan membutuhkan perbaikan. Akibat hal tersebut tidak semua kerusakan infrastruktur dapat tertangani tahun ini. “APBD 2018 Pemkab Karawang mengalokasikan anggaran untuk perbaikan infrastruktur hanya Rp.803 miliar, padahal idealnya sekitar Rp 1 triliyun. Anggaran tersebut tidak melulu untuk perbaikan jalan, tapi juga untuk membangun jembatan, gedung sekolah, dan gedung pemerintahan lainnya.” Terangnya.

Selain jalan kabupaten, tambah Acep, Pemkab Karawang juga akan segera melakukan perbaikan jalan poros desa dengan anggaran Rp.331 miliar. Jalan poros desa juga sudah mendesak untuk diperbaiki karena sudah banyak yang rusak.

“Yang mudik bukan hanya lintas Kabupaten, tapi lintas Karawang juga perlu diperhatikan. Karena jalan tersebut pasti digunakan untuk lebaran,” katanya. (diskominfo/And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *