Polisi Berhasil Tangkap Para Terduga Pelaku Penembakan Di Bogor, Begini Kata AKBP Rio Wahyu Anggoro

oleh -215 Dilihat

Jabar – Resmob Sat Reskrim Polres Bogor bersama anggota Reskrim Polsek Klapanunggal berhasil mengamankan seorang remaja berinisial SI (18) di rumahnya di Kampung Nambo, Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, atas dugaan kepemilikkan senjata api tanpa izin dan penganiayaan.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, SH. SIK. MH menjelaskan, bahwa Penangkapan SI merupakan hasil pengembangan dari laporan warga yang terjadi pada Minggu dini hari, 4 Agustus 2024, sekitar pukul 00.45 WIB. Piket Reskrim Polsek Klapanunggal mendapatkan informasi adanya aksi penembakan terhadap pengendara sepeda motor Yamaha NMAX warna biru dengan nomor polisi F-5741-FDS atas nama MAFD (22) di Jalan Raya Narogong, Kampung Lebak Pasar, Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

“Korban yang mengalami luka tembak di dahi tembus kebagian Kepala dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Thamrin Cileungsi untuk pertolongan pertama, dan kemudian dirujuk ke RS Polri Kramat Jati untuk menjalani operasi,” ungkap Kapolres Bogor.

Selanjutnya, sambung Kapolres, pada hari Senin 5 Agustus 2024, sekitar pukul 01.00 WIB, tim gabungan berhasil mengamankan dua orang tersangka lainnya, yaitu SI alias Joday (19) dan AZ alias Roy (30), di rumah kontrakan di daerah Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

“Dari hasil interogasi, diketahui bahwa SI alias Joday adalah eksekutor (penembak) yang mendapatkan senjata api rakitan dari AZ alias Roy,” pungkasnya.

Menurut Kapolres, kronologis kejadian bermula dari rencana tawuran yang sudah dijanjikan melalui media sosial. Saat tiba di lokasi kejadian, pelaku melihat lawannya dan langsung mengeluarkan senjata api serta menembakkan ke arah lawannya sebanyak tiga kali.

“Namun, tembakan ketiga mengenai pengendara lain yang melintas di lokasi kejadian,” jelasnya.

Sambung Kapolres, barang bukti yang berhasil disita dari para tersangka antara lain 1 pucuk senjata api laras panjang rakitan, 2 pucuk senjata api laras pendek rakitan jenis pistol Macarov dan revolve, 1 pucuk airsoft gun laras pendek jenis pistol Macarov, 5 buah magazin untuk laras panjang, 6 buah magazin untuk laras pendek, 8 buah kerangka senjata api rakitan laras pendek, 4 buah silinder peluru untuk jenis senjata api revolver, 148 butir peluru berbagai macam kaliber, 6 butir selongsong peluru berbagai jenis, 1 perangkat mesin gerinda dan 2 perangkat mesin bor.

“Sampai berita ini diturunkan, dimana Saat ini, ketiga tersangka sedang menjalani proses hukum lebih lanjut dan akan dikenakan pasal sesuai dengan tindakan kriminal yang telah dilakukan, dan pihak Kami Polres Bogor akan terus menindak lanjuti perkara ini melalui penyelidikan, pendalaman serta pengembangan lebih lanjut kemungkinan adanya keterlibatan kriminalitas lainnya dari para pelaku,” ucapnya.

“Dan kami mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk sama – sama kita mendoakan Korban yang masih terbaring di RS Polri Kramatjati segera bisa sadar dan pulih seperti sediakala.” Tutup Kapolres Bogor AKBP Rio.

(Moh. Asep)