Pengadilan Tinggi DKI Ambil Sumpah 24 Calon Advokat

oleh -102 Dilihat

20190221_193655_1Jakarta – Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Dr H.Muh Daming Sunusi SH., M.Hum pimpin pengambilan sumpah 24 calon Advokat dalam sidang terbuka, di Pengadilan Tinggi, jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Kamis (21/2).

“Dengan izin Tuhan Yang Maha Kuasa kita dapat hadir ditempat ini dalam rangka menghadiri dan menyaksikan acara pengambilan sumpah atau janji, kepada para Advokat yang diusulkan oleh Kongres Advokat Indonesia (KAI),” kata Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum mengawali sambutannya.

“Saya sampaikan selamat kepada para advokat yang baru saja diambil sumpah atau janjinya hari ini,” ujarnya.

Pengambilan sumpah ini, lanjutnya, merupakan bentuk pelayanan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta kepada masyarakat yang oleh UU dibebankan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta untuk melakukan penyumpahan. Sehingga dengan demikian, “hari ini kami telah melaksanakan tugas untuk dalam rangka pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Ia juga menambahkan, walaupun tempat yang digunakan untuk penyumpahan ini cukup sempit, namun dirinya meyakini bahwa tempat ini merupakan ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Jakarta.

“Tempat ini hanya digunakan untuk sidang terbuka untuk pengambilan sumpah para advokat,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, ia meminta, agar para Advokat yang baru diambil sumpah dan janjinya, supaya berita acara sumpah ini disimpan dengan baik. “Dengan penyumpahan hari ini, berarti saudara telah resmi menjadi penegak hukum, sama seperti penegak hukum yang lain. yang berbeda hanyalah fungsi dan tugasnya,” terangnya.

Sambungnya, “jagalah kode etik sebagai advokat. Saya yakin saudara saudara akan mulus jalannya. Saudara akan ketemu dilapangan dari berbagai serikat pengacara. Oleh karena itu, secara umum marilah menjaga nama baik profesi advokat ini,” ucapnya.

“Jagalah nama baik KAI, karena dari situ saudara berasal. Salam untuk keluarga saudara. jangan lupa keluarga jaga rumah tangga. Kalau ada keluarga atau istri saudara yang lapor ke PT, saya cabut itu berita acara sumpah,” pungkasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah ketua Kongres Advokat Indonesia Nurdamewati Sihite, SH,. M.H, mengatakan, “hari ini kita dilantik sebanyak 24 orang, dan kita bersyukur hari ini bisa dihadiri oleh Sekjen Mahkamah Agung,” ujarnya.

Penyumpahan KAI ini merupakan kali ke duanya. Dirinya berharap, “kedepan, advokat-advokat yang di KAI ini benar-benar tetap menegakkan keadilan sesuai dengan janji yang sudah di ungkapkan,” tandasnya .

Hadir Sekjen Mahkamah Agung, Vice Presiden Kongres Advokat Indonesia, Sekjen KAI, Pelaksana Tugas Ketua DPD Kongres Advokat DKI Jakarta, Para Advokat, serta Keluarga Advokat.(Her)