Selasa , Oktober 26 2021

Bawaslu Karawang Gelar Rapat Koordinasi Pembentukan Pengawas TPS

Karawang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang menggelar rapat koordinasi pembentukan pengawas TPS dan bimbingan teknis aplikasi Panwascam, yang berlangsung selama dua hari, 12 s/d 13 Oktober 2020, di hotel Novoltel Jl. Intercange Karawang Barat.

Turut hadir, anggota Bawaslu Jawa Barat Zaky Hilmi, Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan SE, anggota Bawaslu Karawang, dan diikuti oleh 90 orang dari Panwascam, Kasekcam, juga Bendahara Kecamatan.

“Hari ini kita melakukan kegiatan rapat koordinasi tentang perekrutan TPS dan Keuangan. Dalam bimbingan tekhnis ini terbagi dalam dua ruangan, masing-masing terdiri dari 45 peserta dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan, S.E.

Dalam bintek yang digelar dua hari tersebut, lanjut Kursin, pihaknya menginstruksikan kepada panwascam untuk merekrut pengawas TPS sebanyak 4451 P-TPS sesuai dengan jumlah TPS, Namun pihak Bawaslu juga akan merekrut sebanyak 8000 orang dikali dua yaitu sebanyak 16.000 orang.

Menurut Kursin, pengawas TPS yang direkrut harus benar-benar netral, bukan orang partai politik juga bukan relawan calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Pengawas TPS harus benar-benar independen. Jika terbukti Pengawas TPS melanggar aturan akan dipecat,” tegasnya.

Selain itu, dalam bintek juga membahas soal laporan keuangan Panwascam sesuai dengan rencana anggaran biaya.(Rini)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates