Minggu , Oktober 17 2021

Bupati Karawang Dampingi Gubernur Jawa Barat Tinjau Tempat-Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Karawang – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau tempat isolasi dan memberikan penguatan logistik atau anggaran bagi Kabupaten Karawang untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Hotel-hotel difungsikan, rumah kontrakan di Desa-Desa difungsikan, untuk ruang isolasi pasien gejala ringan dan pasien yang mau sembuh dari rumah sakit,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengatakan, langkah memanfaatkan hotel dan rumah kontrakan di Desa dilakukan agar keterisian rumah sakit bisa turun. Tak hanya itu, saat ini RS (Rumah Sakit) dikhususkan untuk pasien dengan gejala berat dan sangat berat.

“Pasien tidak bergejala bisa isolasi mandiri di rumah, dengan diperhatikan oleh petugas puskesmas. Setiap lima hari akan disuplai obat-obatan dan vitamin,” ujar Bupati.

Bupati mengungkapkan, kenaikan jumlah kasus per hari Rabu kemarin mencapai 319 orang, dimana kasus ini merupakan kasus tertinggi dari sebelumnya di Karawang. Jumlah bed yang tersedia sekitar 1.208 bed dan hampir penuh dengan keadaan pasien bergejala sedang-berat.

“Ruangan HCU maupun ICU pun penuh karena banyak pasien yg mengalami perburukan. Sehingga peran masyarakat melalui PPKM sangat penting untuk mengendalikan Covid-19 bersama-sama,” pungkasnya.

Saat ini, sambung Bupati, upaya yang dilakukan yakni mengoptimalkan treatment bagi pasien-pasien yang membutuhkan penanganan ekstra (bergejala berat) adalah dengan membuka beberapa hotel agar pasien yang mengalami perbaikan bisa dialihkan untuk pemulihannya.

“Sehingga bed di rumah sakit dapat digunakan untuk pasien yang lebih membutuhkan perawatan yang lebih,” tandasnya.

(And)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates