Bupati Safrial Terima Sertifikat Eliminasi Malaria Dari Menteri Kesehatan RI

oleh -28 Dilihat

Denpasar – Bupati Tanjung Jabung Barat DR Ir H Safrial Ms terima sertifikat eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di Gedung Balai Desa Budaya Kertalangu, Kota Denpasar, Bali, mengangkat tema ‘Bebas Malaria prestasi bangsa (Zero malaria starts with Me)’.

Penghargaan itu diterima oleh Bupati Tanjung Jabung Barat didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj Cici Halimah, SE dan Kadis Kesehatan Tanjab Barat Hj Andi Pada menghadiri acara Peringatan Hari malaria sedunia, Senin (13/5/2019).

Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa terdapat 11 Kabupaten Kota telah menerima sertifikat bebas malaria.

“Kami berharap Gubernur selalu koordinasi ke Kabupaten tentang komitmen eliminasi malaria ini,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri kesehatan Prof Dr dr. Nila Farid Moeloek, Sp, M (K) menyampaikan, perlu memperhatikan lingkungan sekitar, dengan perilaku bersih dan rapi. Disebutkannya, dalam hal ini peran ibu PKK sangat dibutuhkan.

Dikatakannya, semuanya lini harus komitmen dengan bebas malaria ini, sehingga Indonesia terbebas dan bersih dari malaria yang akan dicapai pada tahun 2030 nantinya

Saat forum tersebut, Bupati Tanjung Jabung Barat menyampaikan komitmen untuk pemeliharaan daerah eliminasi malaria.

Salah satu upayanya itu akan melakukan MOU dengan OPD terkait di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seperti dinas perikanan, perkebunan, dinas kesehatan serta dinas OPD terkait lainnya tentang jenis ikan yang bisa hidup di daerah rawa.

“Kita akan pelihara ikan untuk makan jentik nyamuk ini, sejenis ikan cupang itulah,” kata Bupati.

Safrial juga memaparkan tentang pencegahan dini nyamuk malaria di kabupatennya antaranya membentuk pos malaria Desa.

“Ini baru percobaaan, nantinya peran dari OPD terkait, Camat, Kepala Desa, dan Ibu Penggerak PKK nantinya sangat dibutuhkan untuk mensukseskan eliminasi malaria, sehingga Tanjung Jabung Barat bersih dari wabah malaria,” katanya. (yn)