Di Kabupaten Bangka, Semua Fraksi Setujui RAPBD Tahun Anggaran 2024

oleh -206 Dilihat

Bangka – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2024 disetujui semua fraksi di DPRD Kabupaten Bangka untuk menjadi Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Bangka Belitung TA 2024.

Selain persetujuan Raperda APBD tahun anggaran 2024, dilanjutkan dengan pengesahan persetujuan terhadap pencabutan Raperda yang merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Bangka dan penyampaian Raperda inisiatif dewan.

Rapat Paripurna di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Bangka Iskandar dan dihadiri langsung Pj Bupati Bangka M. Haris AR, AP ,M.H di Ruang Rapat DPRD Bangka, Kamis (30/11/2023).

Dalam sambutanya M. Haris mengatakan, Pada APBD Tahun Anggaran 2024, pendapatan dana transfer khususnya Dana Bagi Hasil (DBH) mengalami penurunan yang sangat signifikan yaitu hanya sebesar Rp.89.384.733.000,- (Delapan Puluh Sembilan Milyar Tiga Ratus Delapan Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Rupiah) atau turun hampir sebesar 36,54 persen dibandingkan dengan tahun sebelumya.

“Oleh karna itu kita harus mencari sumber pendapatan lain yang dapat menutupi kebutuhan belanja yang semakin tahun justru semakin besar,” kata Haris

Lanjutnya, untuk Raperda yang merupakan usulan dari inisiatif Dewan yang terhormat adalah Raperda tentang sengketa tanah garapan. “Dimana telah disebutkan secara tegas di dalam ketentuan undang-undang nomor 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria bahwa setiap urusan yang terjadi di bidang pertanahan merupakan urusan pemerintah, oleh karena itu dalam proses penyelesaian sengketa yang terjadi di bidang agraria atau pertanahan merupakan tanggung jawab yang harus diselesaikan oleh pemerintah,” imbuhnya

Perlu menyusun regulasi terkait penyelesaian sengketa tanah garapan dalam lingkup daerah kabupaten. Keberadaan raperda ini dapat menjadi landasan hukum dalam penyelesaian permasalahan sengketa tanah atau agraria di Kabupaten Bangka.

“Harapan kita tentunya sama, agar hasil kerja keras ini memberikan manfaat yang besar, bukan hanya untuk kemajuan, tapi untuk masa depan daerah yang kita cintai ini, utamanya peningkatan kesejahtraan masyarakat KabupatenBangka,” pungkasnya

turut hadir dalam kegiatan paripurna tersebut ketua DPRD kabupaten Bangka Iskandar,wakil ketua1 DPRD kabupaten Bangka Taufik Koryanto,forkopimda kabupaten Bangka,para kepala OPD dan undangan lainnya.(H3R)