Minggu , Mei 9 2021

Di Karawang, Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73

FB_IMG_1527826811650Karawang – Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana memimpin Upacara Hari Lahir (Harla) Pancasila ke-73, di lapangan Karang Pawitan, Karawang, Jumat (1/6).

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Karawang mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila setiap 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ujar Bupati saat membacakan sambutan Presiden.

Dilanjutkan Bupati, “Saatnya kita berbagi pengalaman dalam kebhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan, dan juga saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” ucapnya.

Untuk itu, tambah Bupati, atas nama seluruh masyarakat Indonesia, Presiden menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding father atas warisan luhur NKRI dan Pancasila.

Pada kesempatan itu, Presiden mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. Selamat hari lahir Pancasila, Kita bersatu, kita berbagi, kita beprestasi,” imbuhnya.

Upacara Harla Pancasila dikuti ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, TNI, Polri, yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Derah (Forkopimda), Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.

Dalam upacara ini, Kapolres Karawang AKBP. Slamet Waloya membacakan SK Presiden tentang Penetapan Peringatan Hari Pancasila yang jatuh pada setiap tanggal 1 Juni dan menjadi libur nasional.(Murdilis/diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates