Minggu , Mei 9 2021

Kelurahan Pekojan Gelar Grebek Pemberantasan Sarang Nyamuk

20190104_180640Jakarta – Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, bersama stake holder menggelar grebek Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan penyisiran dipemukiman penduduk, untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Penyakit DBD cenderung ada dan meningkat pas pada musim penghujan. Oleh karena itu, grebek PSN dilakukan dengan melakukan penyisiran jentik-jentik nyamuk di pemukiman warga,” kata Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo, di Jakarta Barat, Jumat (4/1).

Dikatakannya, gerakan grebek PSN ini merupakan salah satu upaya preventif mencegah DBD, “dari mulai pintu masuk Negara, sampai ke pintu rumah,” jelasnya.

Dalam penanganan DBD, sambungnya, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya, program PSN terus dilakukan secara berkelanjutan khususnya pada musim penghujan, untuk memutus mata rantai penyebaran nyamuk Aedes Agypti yang senang hidup di tempat penampungan air.

Adapun segala bentuk kegiatan pencegahan seperti, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Kegiatan Grebek PSN melibatkan Petugas Kesehatan dari Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Petugas Kesehatan dari Puskesmas kecamatan Tambora dan Puskesmas Kelurahan Pekojan, Aparatur Kelurahan Pekojan, RW, LMK, FKDM, PKK dan Kader jumantik Pokja Sanitasi.(H3R)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates