Kesbangpol Jambi Gelar Rapat Kerja Tim Pemantauan Orang Asing Di Tanjabbar

oleh -64 Dilihat

Kuala Tungkal – Badan Kesatuan Bangsa dan Politk (Kesbangpol) Provinsi Jambi menggelar rapat kerja tim pemantauan orang asing, ormas asing dan tenaga kerja asing, bertempat di Pola Utama Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Kamis (16/6/2022).

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi melalui Kabid penanganan konflik Kesbangpol H. Qamaruz Zaman, SE, MM menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut rakor yang dilaksanakan sebelumnya, terkait pemantauanjumlah orang asing dan pergerakan orang asing baik itu terkait masalah investasi, mahasiswa dan lembaga asing di Provinsi Jambi.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan di setiap Kabupaten atau Kota supaya dengan adanya kegiatan ini kita juga bisa silaturahmi dan bersinergi antara Kabupaten juga Kota dan stakeholder, terkait untuk melakukan pemantauan orang asing,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kesbangpol atas dilaksanakannya rapat kerja ini, yang juga akan dilaksanakan secara simultan di Kabupaten atau Kota se Provinsi Jambi.

“Pemantauan orang asing, ormas dan tenaga kerja asing dianggap sangat penting karena Tanjung Jabung Barat sangan rawan, karena pintu masuknya sangat terbuka yaitu laut lepas, sehingga sangat membuka peluang masuknya orang asing,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, ia telah berulang kali menyampaikan kepada Perusahaan-Perusahaan untuk objektif melaporkan berapa banyak tenaga kerja asing yang masuk, dan menghimbau kepada Perusahaan agar bersikap jujur melaporkan hal tersebut.

“Setiap perusahaan itu seharusnya memiliki sifat responsibility dan tanggung jawab dengan masyarakat sekitar, saya yakin dengan adanya laporan mereka yang rutin kita bisa memitigasi dan memiliki data orang asing dan berapa lama mereka disini,” ungkapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati berharap, dengan adanya sinergi antara Kesbangpol, Imigrasi, Disnaker, Kemenag, Perusahaan serta stakeholder yang memantau orang asing diharap dapat lakukan inovasi bukan hanya sekedar komitmen.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya rapat kerja ini dapat menghasilkan sebuah aksi, dan saya berharap dapat dilakukan peninjauan secara langsung,” pungkasnya.

Turut hadir, Kapolres/mewakili, Kajari/mewakili, Dandim/mewakili, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Kepala DisnakerTrans Provinsi Jambi, Kepala Disnaker Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Kakan Kemenag Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Kepala Imigrasi Tipe II/mewakili, Perwakilan Perusahaan dan undangan lainnya.

(yn)