Senin , Oktober 25 2021

Pantau Arus Kendaraan Di Gerbang Tol Palimanan, Begini Kata Kapolresta Cirebon

Jawa Barat – Kapolresta Cirebon Polda Jabar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, memantau arus kendaraan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW di Gerbang Tol Palimanan Kabupaten Cirebon, Rabu (28/10/2020).

Suasana arus kendaraan di GT Palimanan Tol Cipali sendiri tampak ramai lancar. Namun, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak pagi.

Kapolresta Cirebon Polda Jabar, Kombes Pol M. Syahduddi memastikan, tidak ada penumpukan arus lalu lintas di GT Palimanan meski ada peningkatan volume kendaraan. Menurutnya, antrean kendaraan di GT Palimanan juga belum mencapai 1 km.

“Hingga siang ini terlihat ada peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, tetapi masih dalam kendali petugas di lapangan,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Ia menjelaskan, jajarannya juga telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat terjadinya penumpukan volume kendaraan. Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran arus kendaraan di wilayah hukum Polresta Cirebon Polda Jabar.

Selain itu, sambungnya, rekayasa lalu lintas telah disiapkan saat arus kendaraan di GT Palimanan mengalami kepadatan. Jika arus lalu lintas mulai padat, maka kendaraan akan dikeluarkan di gerbang tol sebelumnya.

“Kalau di GT Palimanan Tol Cipali ini padat, nanti kendaraannya dikeluarkan di GT Sumberjaya. Rekayasa ini juga berlaku saat terjadi kepadatan arus kendaraan di gerbang tol lainnya di wilayah Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

“Nantinya, kendaraan diizinkan masuk kembali ke jalur tol setelah melewati wilayah Kabupaten Cirebon. Begitupun saat terjadi kepadatan arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di GT Palimanan Tol Cipali,” pungkasnya.

Kendaraan akan dikeluarkan dari jalur tol di GT Plumbon Tol Palikanci dan diizinkan masuk kembali setelah melintasi wilayah Kabupaten Cirebon. Syahduddi menyampaikan, rekayasa arus lalu lintas tersebut akan bekerja sama dengan Polres sekitar.

“Rekayasa ini akan diterapkan ketika antrean kendaraan di gerbang tol mencapai 1 – 5 km, dan akan dinormalkan kembali saat arus lalu lintasnya sudah terurai atau antreannya habis,” kata Kombes Pol M. Syahduddi.

Hingga kini, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di GT Palimanan Tol Cipali mencapai 1500 – 2000 unit perjamnya. Pihaknya juga telah menyiagakan personel untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di jalur tol.(Moh. Asep)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates