Sekda Terima Audiensi Pengurus Persatuan Seniman Karawang, Begini Kata Iwan Portal

oleh -19 Dilihat
Keterangan Foto : Audensi Pengurus Persatuan Seniman Di Pemda Karawang

Karawang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang H. Acep Jamhuri menerima kunjungan audiensi Pengurus Persatuan Seniman Karawang (Persenika), bertempat di Ruang Rapat Sekda, dengan mematuhi disiplin protokol kesehatan, Rabu (20/1/2021).

Iwan Portal selaku Ketua Umum Persenika menyampaikan tiga hal yang menjadi pembahasan dalam audiensi, yaitu meminta penjelasan perkembangan tentang Covid-19 di Karawang, menanyakan fungsi sosial satgas Covid desa, dan mengeluhkan kondisi perekonomian pasca para seniman dilarang tampil untuk mengisi hiburan.

“Untuk soal izin menyelenggarakan acara atau hajat, satgas covid desa kadang ada yang berbeda beda di sejumlah wilayah. Ada yang longgar diperbolehkan. Namun ada yang saklek dan benar benar dilarang,” kata Iwan kepada Sekda.

Para seniman, sambung Iwan, mengeluhkan pelarangan tersebut bukan karena tidak taat terhadap aturan, namun yang dibutuhkan adalah alasan kenapa bisa terjadi pembubaran.

“Jangan hanya alasan Covid. Perlakukan juga kami dengan sedikit santun. Tolong berikan informasi yang jelas dari Satgas Covid desanya,” ucapnya.

Sementara itu, menanggapi keluhan dan pertanyaan pengurus Persenika, Sekda menyarankan agar para seniman membuat aturan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 saat mengisi atau menggelar acara hiburan.

“Nanti Karawang kan PSBM. Akan ada pemetaan wilayah untuk penentuan zona, mana yang boleh diizinkan gelar acara hiburan, mana yang tidak boleh. Nanti kita kaji lagi. Mungkin itu bisa dijadikan bahan pertimbangan,” ujar Sekda.(And)