Minggu , April 11 2021

Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat, Kejati DKI Jakarta Canangkan Wilayah Bebas Korupsi

IMG-20190225-WA0000_1_1Jakarta – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menggelar apel penetapan wilayah zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), di Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/2).

Apel pencanangan ini dihadiri juga oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Diningrat, seluruh Walikota se DKI, Kapolres se DKI dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) DKI.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Warih Sadono dalam sambutannya mengatakan, pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. Tujuannya adalah agar aparat penegak hukum bisa melaksanakann tugas sebaik-baiknya, namun tetap mengutamakan pendekatan kepada masyarakat.

“Melalui Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, menjadikan kejaksaan menjadi lembaga yang mumpuni, tegas, santun, dan dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat,” ujarnya.

Adapun pada hakekatnya, sambungnya, membangun Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani ditujukan untuk membangun dan mengimplementasikan program reformasi birokrasi secara baik, sehingga mampu menumbuh-kembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, budaya kerja birokrasi yang melayani publik secara baik dan serta mampu meningkatkan kepercayaan publik (public trust).

“Dengan pencanganan Zona Integritas ini, marilah bersama-sama kita wujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai dengan harapan masyarakat. Hendaknya seluruh aparatur Kejaksaan terpacu untuk terus meningkatkan kinerja dan kompetensinya,” paparnya.

Sejalan dengan pernyataan Kajati DKI, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, agar Zona Integritas WBK dan WBBM bisa terwujud. Pemprov DKI sudah berupaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi, tapi harus didukung lembaga lainnya.

“Khusus di bawah Pemprov DKI, sudah mencanangkan program ini, kami sudah mencanangkan, tapi belum tuntas sampai sekarang. Kita harap, dengan Kejati lakukan apel hari ini, akan motivasi seluruh institusi yang ada di ibu kota agar yang ada di ibu kota ini bebas dari korupsi,” kata Anies.

Sementara itu, Wakil Kepala Polisi Daerah Metro Jaya, Wahyu Hadiningrat juga mengatakan, pihaknya akan memberdayakan unsur polri hingga garis terdepan seperti pos polisi yang tersebar di Jakarta untuk membantu terwujudnya tujuan itu.

“Kita sebagai aparat penegak hukum selain kejaksaan itu seakan senafas dan akan mendukung tujuan baik ini. Bahkan garda terdepan,” ucapnya.(Her)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates